TRADISI UP ACARADAN PERUBAHAN SOSIAL BUDA YA (Studi Pada Masyarakat Kampung Dukuh, Kecamatan Cikelet, Garut)

Samsul Aziz, NIM. 00120177 (2005) TRADISI UP ACARADAN PERUBAHAN SOSIAL BUDA YA (Studi Pada Masyarakat Kampung Dukuh, Kecamatan Cikelet, Garut). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRADISI UP ACARADAN PERUBAHAN SOSIAL BUDA YA (Studi Pada Masyarakat Kampung Dukuh, Kecamatan Cikelet, Garut))
00120177_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TRADISI UP ACARADAN PERUBAHAN SOSIAL BUDA YA (Studi Pada Masyarakat Kampung Dukuh, Kecamatan Cikelet, Garut))
00120177_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

1. Masyarakat Kampung Dukuh merupakan sebuah komunitas yang patuh memegang adat-istiadat sehingga tampak sebagai masyarakat eksklusif dibandingkan dengan masyarakat sekitarnya. Ketakutan mereka terhadap malepetaka yang timbul menyebabkan masyarakat Kampung Dukuh tidak berani melanggar ketentuan-ketentuan adat. Bentuk sinkretik dalam agama terlihat pula dalam kepercayaan masyarakat terhadap roh yang mempengaruhi kehidupan mereka. 2. Masyarakat Kampung Dukuh sampai sekarang masih melaksanakan upacara­upacara sebagai perwujudan ketaatan mereka terhadap tradisi leluhur. Setiap tahun mereka melaksanakan beberapa kali upacara, seperti upacara Hajat Sasih, upacara panen, dan upacara menyepi. Upacara Hajat Sasih merupakan upacara paling besar. Adapun tujuan upacara tersebut pada intinya sebagai penghormatan terhadap nenek moyang dan rasa syukur kepada Tuhan Y .M.E. 3. Masyarakat Kampung Dukuh sekarang bukan lagi masyarakat yang asing terhadap hal-hal baru asal saja perubahan yang terjadi membawa kebaikan dan kemajuan bagi masyarakat. Perubahan terjadi di Kampung Dukuh akibat dari kehadiran para habib, mobilitas penduduk, pandangan tentang pendidikan. Perubahan-perubahan tersebut dapat dilihat dalam pelaksanaan syariat Islam, taraf ekonomi, taraf,pendidikan, dan penyempumaan bentuk bangunan rumah. Meskipun demikian, · masyarakat tetap berpegang teguh terhadap adat-istiadat yang telah menjadi identitas dan kebanggaan yang membedakan mereka dari masyarakat lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Irfan Firdaus
Uncontrolled Keywords: Tradisi Upacara Perubahan Sosial Budaya, Masyarakat Kampung Dukuh
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Aug 2022 14:56
Last Modified: 18 Aug 2022 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52587

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum