INTEGRASI-INTERKONEKSI PSIKOLOGI (Implementasinya bagi Penyusunan Buku Ajar di Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

M. Amin Abdullah, - and Waryani Fajar Riyanto, - (2014) INTEGRASI-INTERKONEKSI PSIKOLOGI (Implementasinya bagi Penyusunan Buku Ajar di Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Jurnal Psikologi Integratif, 2 (1). pp. 1-21. ISSN P: 2356-2145; online: 2580-7331

[img]
Preview
Text (INTEGRASI-INTERKONEKSI PSIKOLOGI (Implementasinya bagi Penyusunan Buku Ajar di Program Studi Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
INTEGRASI-INTERKONEKSI PSIKOL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview

Abstract

Mengkaji tentang relasi antara agama dan ilmu sangat menarik, terutama dikaitkan dengan perkembangan mandat keilmuan di PTAI-PTAI Indonesia, satu diantaranya UIN Sunan Kalijaga, dalam memperluas bidang kajiannya, salah satunya adalah berdirinya Program Studi Psikologi di Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Secara umum ada tiga model mazhab pertautan antara agama (Islam) dan ilmu (psikologi), yaitu Islamic Psychology (Psikologi Islam), Islamized Psychology (Psikologi Islami), dan Psychology of “Religion” Islam (Psikologi ’Agama’ Islam). Artikel yang dikaji dengan pendekatan dialektik-komparatif-historis-kritis ini mencoba menawarkan mazhab keempat dalam psikologi integratif tersebut, yaitu apa yang penulis sebut sebagai Integrasi-Interkoneksi Psikologi, yang kemudian diimplementasikan dalam penyusunan Buku Ajar Psikologi di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, sebagai PTAI tertua di Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Interkoneksi, Psikologi, Buku Ajar
Subjects: Psikologi
Divisions: Jurnal > 43. Psikologi Integratif
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 19 Aug 2022 15:01
Last Modified: 19 Aug 2022 15:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52599

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum