METODE PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR SEBAGAI UPAYA PENANGANAN LEARNING LOSS DI DUSUN MENDANG, DESA NGESTIREJO, KECAMATAN TANJUNGSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DIY

Audrey Shafia Dwinandita, NIM.: 18104080013 (2022) METODE PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR SEBAGAI UPAYA PENANGANAN LEARNING LOSS DI DUSUN MENDANG, DESA NGESTIREJO, KECAMATAN TANJUNGSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DIY. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR SEBAGAI UPAYA PENANGANAN LEARNING LOSS DI DUSUN MENDANG, DESA NGESTIREJO, KECAMATAN TANJUNGSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DIY)
18104080013_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR SEBAGAI UPAYA PENANGANAN LEARNING LOSS DI DUSUN MENDANG, DESA NGESTIREJO, KECAMATAN TANJUNGSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, DIY)
18104080013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Proses belajar saat ini dilakukan dari rumah melalui pembelajaran daring. Perubahan besar-besaran tidak diimbangi dengan penyesuaian, sehingga banyak peserta didik, khususnya yang berusia sekolah dasar, menemui masalah ketika belajar. Kesulitan-kesulitan belajar ini menyebabkan terjadinya learning loss, suatu keadaan tidak maksimalnya proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Karena itu, dibutuhkan suatu program pendampingan yang menerapkan metode pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan learning loss ini. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan pelaksanaan metode pembelajaran pada siswa sekolah dasar sebagai upaya penanganan learning loss di Dusun Mendang, Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kasus etnografis. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil wawancara guru serta relawan pengajar, catatan lapangan sebagai observasi partisipan, dan dokumen-dokumen pendukung, dengan triangulasi sumber sebagai teknik pengecekan keabsahan data. Objek penelitian ini adalah metode pembelajaran pada siswa sekolah dasar sebagai upaya penanganan learning loss di Dusun Mendang, Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Teknik analisis data yang digunakan adalah memeriksa, mengkategorikan, mentabulasi, dan memeriksa ulang/ mengaitkan dengan teori. Hasil penelitian dari kegiatan-kegiatan pendampingan belajar siswa sekolah dasar menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang dilaksanakan di Dusun Mendang yang dapat mengatasi learning loss secara keseluruhan mencakup metode diskusi dan brainstorming, mengaji nyaring, praktik dan simulasi, karyawisata, dan perlombaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Sigit Prasetyo, M.Pd.,Si
Uncontrolled Keywords: pendampingan belajar; learning loss; metode pembelajaran; sekolah dasar.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Aug 2022 14:16
Last Modified: 19 Aug 2022 14:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52601

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum