PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM SEDERHANA MATERI STOIKIOMERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRAKTIKUM SISWA KELAS X

Dian Muthiasari, NIM.: 18106070033 (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM SEDERHANA MATERI STOIKIOMERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRAKTIKUM SISWA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM SEDERHANA MATERI STOIKIOMERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRAKTIKUM SISWA KELAS X)
18106070033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN VIDEO PRAKTIKUM SEDERHANA MATERI STOIKIOMERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PRAKTIKUM SISWA KELAS X)
18106070033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Praktikum adalah bagian dari sebuah pembelajaran yang bertujuan agar siswa mendapatkan kesempatan untuk menguji. Praktikum dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung melalui pengamatan video praktikum. Video praktikum dapat dikembangkan dengan berbagai inovasi, salah satunya pengembangan video praktikum sederhana materi stoikiometri untuk meningkatkan keterampilan praktikum siswa kelas X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan video praktikum sederhana dapat membantu meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model 4-D. Tahap pengembangan ini terdiri atas Defaine, Design, Develop, dan Deseminate. Namun penelitian pengembangan ini dibatasi sampai tahap Develop. Produk yang akan dikembangkan pada penelitian ini berupa video praktikum sederhana berbasis materi stoikiometri untuk meningkatkan keterampilan praktikum siswa kelas X. Produk ini divalidasi oleh tiga peer reviewer, satu ahli materi, dan satu ahli media. Kualitas produk dinilai oleh tiga guru kimia serta direspon oleh sepuluh siswa kelas X MIPA. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan presentase keidealan sebesar 95% dengan kategori Sangat Baik (SB). Penilaian oleh ahli media mendapatkan presentase keidealan sebesar 90% dengan kategori Sangat Baik (SB). Penilaian oleh guru kimia mendapatkan presentase keidealan sebesar 89,70% dengan kategori Sangat Baik (SB). Serta respon siswa yang menunjukkan peningkatan dalam keterampilan praktikum, hal ini dapat dilihat dari hasil jawaban pretest dan post tes kesepuluh siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Laili Nailul Muna, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: praktikum sederhana; stokiometri; video; penilaian produk; larutan NaCl
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 19 Aug 2022 14:47
Last Modified: 19 Aug 2022 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52602

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum