The Role of Jam’iyyatul Islamiyah Organization in Strengthening Religious Moderation in Indonesia (Systems Theory Approach)

Waryani Fajar Riyanto, - (2021) The Role of Jam’iyyatul Islamiyah Organization in Strengthening Religious Moderation in Indonesia (Systems Theory Approach). Millatī, Journal of Islamic Studies and Humanities, 6 (2). pp. 171-188. ISSN p-ISSN : 2541-3627 ; e-ISSN 2540-9964

[img]
Preview
Text (The Role of Jam’iyyatul Islamiyah Organization in Strengthening Religious Moderation in Indonesia (Systems Theory Approach))
The Role of Jam’iyyatul Islamiyah Organization in Strengthening Re.pdf - Published Version

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1660897541.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini mengkaji peran organisasi Jam’iyyatul Islamiyah (JmI) dalam penguatan empat indikator moderasi beragama yang telah dirumuskan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama, yaitu: komitmen kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan adaptif terhadap adat atau budaya lokal. Melalui pendekatan sistem, menurut hasil kajian penulis, JmI telah menawarkan beberapa penguatan, yaitu: pilar komitmen kebangsaan perlu diperkuat dengan komitmen keagamaan dan kemanusiaan, toleransi perlu diperkuat dengan i’tirafiyah insaniyah dan ukhuwwah imaniyah, anti kekerasan diperkuat dengan innerfaith dialogue-innersubject dialogue dan adaptif terhadap budaya lokal diperkuat dengan budi (pancaindra) dan akhlak (akal, pikir, khayal, paham, ilmu). Adapun adat perlu diperkuat dengan syarak (batin/sunnah) dan kitabullah (qur’an). Akhirnya, moderasi beragama (ummat wasath) akan terwujud jika menyertakan peran ruh (inner-subject) dan Tuhan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Jam’iyyatul Islamiyah (JmI); Moderasi Beragama; Pendekatan Sistem
Subjects: Moderasi Beragama
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 19 Aug 2022 15:32
Last Modified: 19 Aug 2022 15:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52606

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum