Hairun Hasanah Sagala, - and Muh Wasith Achadi, - (2022) Implementasi Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMA UII Banguntapan. ITQAN: Jurnal Ilmu Ilmu Kependidikan, 13 (1). pp. 77-88. ISSN pISSN: 2086-7018 | eISSN: 2614-4654
|
Text (Implementasi Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMA UII Banguntapan)
Implementasi Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa pa.pdf - Published Version Download (746kB) | Preview |
|
|
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1660943012.pdf - Published Version Download (16kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan blended learning dalam meningkatkan kemandirian siswa pada mata pelajaran PAI di SMA UII Banguntapan. Jenis penelitian ini menggunkan mix method (metodologi campuran) dengan menggunakan strategi metode campuran sekuensial/ bertahap (sequensial mixed methods) terutama strategi eksploratory sequential. Subyek dalam penelitian ini ialah siswa kelas X yang berjumlah 98 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sesus. Sedangkan instrument yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Hail penelitian yang ditemukan yaitu bahwa proses pelaksanaan pembelajaran blended learning di sekolah SMA UII Banguntapan sudah berjalan dengan efektif dan lancar serta implikasi yang didapatkan selama pembelajaran blended learning siswa mempunyai sikap kemandirian antara lain mempunyai sikap percaya diri, tanggung jawab, berperilaku bebas, mengontrol diri, disiplin, serta kreatif dan inisiatif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning, Kemandirian, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan > Metode Pembelajaran |
Depositing User: | Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP - |
Date Deposited: | 20 Aug 2022 04:11 |
Last Modified: | 20 Aug 2022 04:11 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52609 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |