PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH DI PURWOBINANGUN YOGY AKARTA 1998-2004 M (Sejamh. dan Pengaruh. Usah.a-usah.a Dakwahnya Terh.adap Keh.idupan Masyamkat Muslim chm Misi Kristenisasi)

Kartini, NIM. 00120247 (2005) PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH DI PURWOBINANGUN YOGY AKARTA 1998-2004 M (Sejamh. dan Pengaruh. Usah.a-usah.a Dakwahnya Terh.adap Keh.idupan Masyamkat Muslim chm Misi Kristenisasi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH DI PURWOBINANGUN YOGY AKARTA 1998-2004 M (Sejamh. dan Pengaruh. Usah.a-usah.a Dakwahnya Terh.adap Keh.idupan Masyamkat Muslim chm Misi Kristenisasi))
00120247_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PONDOK PESANTREN DARUL HIKMAH DI PURWOBINANGUN YOGY AKARTA 1998-2004 M (Sejamh. dan Pengaruh. Usah.a-usah.a Dakwahnya Terh.adap Keh.idupan Masyamkat Muslim chm Misi Kristenisasi))
00120247_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pondok Pesantren Darul Hikmah berdiri atas prakarsa H. Sumijanto dengan ide dasar, misi dan visi pertama kali yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, terntama bagi masyarakat di daerah Pmwobinanagun. Pada umumnya, pendiri pondok pesantren juga berperan sebagai pengasuh pondok pesantren itu sendiri. Namun, lain halnya dengan Pondok Pesantren Dam1 Hikmah. H Smnijanto hanya berperan sebagai pendiri dan ketua umum di Pondok tersebut. Sedangkan yang diserahi tugas 1mtuk mengelola dan rnengasuh Pondok Pesantren Daml Hikmah dilakuka11 dengan pemilihan secara musyawarah m1tuk menentukan siapa yang layak menjadi Pengasuh Pondok Pesantren Daml Hikmah di Purwobinangun. Usaha-usaha dakwah terhadap masyarakat dan menanggulangi misi kristenisasi yang telah dilakukan oleh Pondok Pesantren Darnl Hikmal1 mempunyai 3 pendekatan penting yang hams digaris bawahi: a. Bidang sosial-agama, yaitu dengan mengembangkan TP A di sekitar Pondok, ta'ziyah, mengadakan pengajian rntin setiap hari ahad pahing, menyerahkan lokasi TK Kuncup Mekar kepada masyarakat, dan Pembinaan keimanan untuk pegawai di Purwobinangun. b. Bidang ekonomi, dengan mengadakan zakat fitrah, menberikan bantuan atau santunan, dan mengadajkan hewan qurban. c. Bidang pendidikan, yaitu dengan mendirikan kegiatan belajar-mengajar SL TA Darul Hikmah. 3. Pengaruh yang timbul dari usaha dakwah yang telah dilakukan Pondok Pesantren Darul Hikmah adalah: a. Bagi masyarakat, meningkatkan solidaritas yang tinggi atas sesama manusia, terutama masyarakat Islam, lebih menumbuhkan keimanan masyarakat Purwobinangun tentang bagaimana seharusnya beragama yang benar dan sesuai dengan etika beragama, menanamkan nilai-nilai ajaran Islam sehingga masarakat tidak mudah terprovokasi dengan misi yang dijalankan umat Kristen. b. Bagi kegiatan misionaris Kristen, adanya usaha dakwah yang dilakukan Pondok Pesantren Darul Hikmah menyebabkan penyebaran agama Kristen menjadi terhambat, dan secara berangsur-angsur masyarakat yang telah terpengaruh akan kembali kepada agama mereka semula yaitu Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Imam Muhsin M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren Darul Hikmah, Sejarah Dan Pengaruh Usaha-usaha Dakwahnya,
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 22 Aug 2022 15:27
Last Modified: 22 Aug 2022 15:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52620

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum