PERKEMBANGAN PERADABAN P ADA MASA PEMERINT AHAN ABD AL-RAHMAN AL-NASHIR LI-DINILLAH DI ANDALUSIA (912-961 M)

Azah Nur Azizah, NIM. 00120281 (2005) PERKEMBANGAN PERADABAN P ADA MASA PEMERINT AHAN ABD AL-RAHMAN AL-NASHIR LI-DINILLAH DI ANDALUSIA (912-961 M). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERKEMBANGAN PERADABAN P ADA MASA PEMERINT AHAN ABD AL-RAHMAN AL-NASHIR LI-DINILLAH DI ANDALUSIA (912-961 M))
00120281_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERKEMBANGAN PERADABAN P ADA MASA PEMERINT AHAN ABD AL-RAHMAN AL-NASHIR LI-DINILLAH DI ANDALUSIA (912-961 M))
00120281_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Dalam sejarah Andalusia, Abd al-Rahman al-Nashir adalah penguasa dinasti Bani Umayyah II yang kedelapan dan merupakan penguasa pertama yang menggunakan gelar khalifah. Dia merupakan penguasa yang paling cakap dan paling besar di antara penguasa Bani Umayyah II di Andalusia. Dia mempunyai kepribadian yang cerdas, tegas, cerdik, administrator, pemberani dan sangat toleran, sehingga berhasil memfusikan semua ras dan negara ke dalam suatu persatuan. Kebijakan politik yang diterapkan Abd al-Rahman al-Nashir menandai puncak peradaban Bani Umayyah di Andalusia. Dia menjalankan pemerintahannya tidak hanya sekedar mewarisi kekuasaan para pendahulunya saja, namun dia berupaya mempertahankan dan mengembangkan wilayahnya. Ketika naik tahta dia mewarisi kerajaan dalam keadaan kacau. Dia dihadapkan pada pemberontakan dari dalam negeri, perlawanan yang terus­menerus dari pihak Kristen di bagian utara dan perlawanan dari dinasti Fathimiyyah di Mesir. Walaupun dihadapkan pada rintangan yang besar, dengan administrasi yang dibangunnya dengan baik, dia dapat menyelamatkan Andalusia dari kekacauan di sebelah dalam, dan dengan angkatan laut yang hebat dan tentara yang berdisiplin tinggi, dia berhasil mengalahkan perlawanan dari pihak luar. Abd al-Rahman tidak hanya mengamankan kerajaan dari berbagai pemberontakan dan perlawanan dari musuh-musuhnya, tetapi dia juga menegakkan kekuasaannya dari sungai Ebro sampai Atlantik, dan dia menjalin hubungan diplomatik dengan kerajaan-kerajaan lain, diantaranya dengan kerajaan Bizantium, Itali, Jerman dan Perancis. Apa yang dilakukan Abd al-Rahman al-Nashir di bidang politik sangat berbeda dengan para pendahulunnya. Dia mengakhiri kebijakan menggunakan gelar amir diganti dengan menggunakan gelar khalifah, sehingga telah mengubah pendapat umum yang dianut ketika itu, bahwa kepemimpinan politik Islam hanya satu, yang pada saat itu adalah khalifah Abbasiyah tidak dapat lagi dipegang secara ketat. Para ulama memberikan legitimasi atas berbilangnya khalifah dengan menyatakan boleh ada beberapa khalifah asalkan dipisahkan oleh laut. Dalam merekrut tentara, Abd al-Rahman al-Nashir lebih memprioritaskan kepada orang-orang Slavia yang disebut juga dengan Saqalibah, hal ini merupakan politik Abd al-Rahman untuk mengurangi pengaruh aristokrasi Arab kuno.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Maman Abdul Malik Sya'roni
Uncontrolled Keywords: Peradaban, Masa Pemerintahan Abd Al-Rahman Al-Nashir Li
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Aug 2022 15:21
Last Modified: 23 Aug 2022 15:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52624

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum