KESENIAN PENCAK SILAT BET A WI (STlIDl Dl PERGURUAN BEKSI, KELURAHAN SUKABUMI UT ARA, KECAMATAN KEBON JERUK, JAKARTA BARAT)

Ridwan, NIM. 00120347 (2005) KESENIAN PENCAK SILAT BET A WI (STlIDl Dl PERGURUAN BEKSI, KELURAHAN SUKABUMI UT ARA, KECAMATAN KEBON JERUK, JAKARTA BARAT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESENIAN PENCAK SILAT BET A WI (STlIDl Dl PERGURUAN BEKSI, KELURAHAN SUKABUMI UT ARA, KECAMATAN KEBON JERUK, JAKARTA BARAT))
00120347_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KESENIAN PENCAK SILAT BET A WI (STlIDl Dl PERGURUAN BEKSI, KELURAHAN SUKABUMI UT ARA, KECAMATAN KEBON JERUK, JAKARTA BARAT))
00120347_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Mengenai masyarakat Kelurahan Sukabumi Utara, mereka berkehidupan cukup, ter1ihat dari anak-anak mereka yang sekolah sampai tingkat tinggi dan jnga sedikit pemudanya yang tidak mempunyai kerjaan ia hanya membantu orang tuanya saja di rumah. Pencak silat Betawi Bcksi rnulai muncul dan berdiri pada tahun 1973, didirikan oleh H. Irwan Syafi'i, dengan melihat kondisi keagamaan (lslam) masyarakat sebelum tahunl 973 masih minim, maka perln adanya penanaman nilai-nilai Islam yang diberikan untuk rnasyarakat, diperlukan metode yang tepat, salah satunya adalah metode dakwah, dengan rnetode dakwah yaitu rnelalui kesenian pencak silat Betawi Beksi. Ada nilai-nilai Islam clan sosial budaya yang terdapat dalam pcncak silat Betawi Beksi. Nilai-nilai Islam yang tarnpak dalarn pcncak silat Betawi Beksi adalah clalam gerakan, ucapan, clan dakwah dalam kehiclupan. Dalam gerakan, bisa dilihat dari arti gerakan jurus-jurus pencak silat Betawi Beksi. Nilai Islam terlihat juga melalui ucapan, yaitu p·cngajian sebelum latihan dan lnembaca doa-doa untuk rneminta keridhoan dan rnanfaat dari ilmu yang dipelajmi (pencak silat Betawi Beksi). Adapun pada nilai dakwah, seorang gtm1 selalu memberikan nasehat kepada murid-muridnya, jangan menggunakan ilmu pencak silat Betawi Beksi untuk kesombongan melainkan tmtuk kemaslahatan. Begitu juga nilai-nilai sosial budaya terlihat dalam penca.k silat Betawi Beksi, bahwa setiap tradisi dan adat istiadat masyarakat Betawi adalah peninggalan yang hmm menurun yang hams di lestarikan. keberadaannya sebagai identitas masyarakat Betawi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Soraya Adnani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pencak Silat Betawi
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Aug 2022 15:22
Last Modified: 23 Aug 2022 15:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52628

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum