'AISYIYAH DALAM LINTASAN PERGERAKAN WANITA ISLAM DI DAE RAH ISTIMEW A YOGY AKART A MASA REVOLUSI FISIK (1945-1949)

Yuliana, NIM. 01120617 (2006) 'AISYIYAH DALAM LINTASAN PERGERAKAN WANITA ISLAM DI DAE RAH ISTIMEW A YOGY AKART A MASA REVOLUSI FISIK (1945-1949). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text ('AISYIYAH DALAM LINTASAN PERGERAKAN WANITA ISLAM DI DAE RAH ISTIMEW A YOGY AKART A MASA REVOLUSI FISIK (1945-1949))
01120617_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text ('AISYIYAH DALAM LINTASAN PERGERAKAN WANITA ISLAM DI DAE RAH ISTIMEW A YOGY AKART A MASA REVOLUSI FISIK (1945-1949))
01120617_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Sejarah gerakan Wanita di Indonesia pada berbagai kesempatan memperlihatkan proses restrukturisasi huhungan gender. Dalam penulisan sejarah gerakan 'Aisyiyah ini, pcnulis menggunakan konsep gender tidak hanya dalam konteks yang orang biasanya gunakan. Y akni tidak memfokuskan pada perbedaan dan pembagian kerja karena Wanita atau laki­laki. Tetapi, penulis mclihat pergerakan 'Aisyiyah mclalui proses kesadaran gender yang scwaktu-waktu berubah. Gerakan wanita muncul nyaris bersamaan dengan gerakan modern Jainnya, yang mcrupakan hasil dari pendidikan modern. Dalam pcriode perlama pcrgcrnkun waaila lndonc:-:ia lwnya lwrsifot kcd11crnhrn1 da11 kcgiutun mereku bclum terorganisasi sc--:an1 nusiona:. Mcrcku mcmpunyui musuluh dan kegiatan scndiri-scndiri. Namun, ada beberapa kesmnaan kepcntingan, misal pendidikan kaum wanita dan ikut melawan penjajah. Perhatian pokok mereka sejalan dengan masalah-masalah yang dihadapi. Agar mercka mengemban tugas dilaksanakan dengan baik, kaum wanita dianjurkan untuk memperoleh pendidikan yang baik, rlan mcmpelajari ketrampilan yang sangat diperlukan. Pcrgerakan wanita Islam di DIY, tak lepas dari faktor lingkungan yang mempengaruhi kemunculan dan pertumbuhannya. Pergerakan wanita Islam kebanyakan terdiri dari istri atau keluarga Ulama/kiai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Mundzirin Yusuf, M.Si
Uncontrolled Keywords: 'Aisyiyah Yogyakarta, masa revolusi fisik
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Aug 2022 15:27
Last Modified: 30 Aug 2022 15:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52657

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum