TRADISI SADRANAN DI DESA SUKABUMI KECAMATAN CEPOGO KABUP ATEN BOYOLALI ( Ditinjau Dari PrespektifSosial Keagamaan)

Nur Wahyuningrum, NIM. 01120657 (2005) TRADISI SADRANAN DI DESA SUKABUMI KECAMATAN CEPOGO KABUP ATEN BOYOLALI ( Ditinjau Dari PrespektifSosial Keagamaan). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRADISI SADRANAN DI DESA SUKABUMI KECAMATAN CEPOGO KABUP ATEN BOYOLALI ( Ditinjau Dari Prespektif Sosial Keagamaan))
01120657_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (TRADISI SADRANAN DI DESA SUKABUMI KECAMATAN CEPOGO KABUP ATEN BOYOLALI ( Ditinjau Dari Prespektif Sosial Keagamaan))
01120657_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tradisi sadranan adalah tradisi yang berkembang di pulau Jawa dan tradisi tersebut dilakukan sebagian besar masyarakat di Jawa. Tradisi sadranan adalah suatu tardisi yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali pada bulan Sya'ban (Ruwah dalam istilah Jawa). Sadranan biasanya dilakukan masyarakat dengan cara membersikan makam, ziarah kubur dengan tujuan untuk menghonnati arwah para leluhur dan mendoakannya. Desa Sukabumi yang termasuk dalam wilayah kebudayaan Jawa juga melaksanakan sadranan. Selain membersihkan makam dan ziarah kubur, sadranan di desa Sukabumi juga melaksanakan silaturahmi setelah acara dari makam selesai. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan masyarakat desa Sukabumi dalam tradisi sadranan , mengandung nilai sosial keagamaan dan pengaruhnya bagi masyarakat. Nilai sosial yang ada terlihat ketika masyarakat secara bersama­sama membersihkan makam dan bersilaturahmi. Dengan melakukan pekerjaan secara bersama-sama atau gotong royong dan silaturahmi menyebabkan masyarakat lebih mementingkan kepantingan umum dari pada kepantingan pribadi, karena dalam kegiatan tersebut masyarakat mempunyai keinginan yang sama untuk menghormati arwah para leluhur yang sudah meninggal dan menjaga hubungan baik dengan tetangga dan keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ali Sodiqin, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Tradisi Sadranan, Desa Sukabumi Kecamatan Cepogo
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 01 Sep 2022 15:06
Last Modified: 01 Sep 2022 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52672

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum