STUDI KOMPARASI KITAB TASHIL AL-MASALIK FI ‘ILM AN-NAHW WA AS-SARF ILA ALFIYYAH IBN MALIK DAN AUSATAL-MASALIK LI ALFIYYAH IBN MALIK

Ahmad Ramadhani, NIM.: 19204022001 (2022) STUDI KOMPARASI KITAB TASHIL AL-MASALIK FI ‘ILM AN-NAHW WA AS-SARF ILA ALFIYYAH IBN MALIK DAN AUSATAL-MASALIK LI ALFIYYAH IBN MALIK. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI KITAB TASHIL AL-MASALIK FI ‘ILM AN-NAHW WA AS{-S{ARF ILA ALFIYYAH IBN MALIK DAN AUSATAL-MASALIK LI ALFIYYAH IBN MALIK)
19204022001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI KITAB TASHIL AL-MASALIK FI ‘ILM AN-NAHW WA AS{-S{ARF ILA ALFIYYAH IBN MALIK DAN AUSATAL-MASALIK LI ALFIYYAH IBN MALIK)
19204022001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Semakin tersebar dan populernya kitab Alfiyyah Ibn Malik dikarenakan materinya yang berbobot tinggi mendorong para ulama’ untuk berbondong-bondong mensyarahi kitab tersebut, khususnya KH. Abul Fadhol dan KH. Bisri Musthofa yang merupakan orang Indonesia dengan kitabnya yang berjudul Tashil Al-Masalik fi ‘Ilm An-Nahw wa As-S{arf ila Alfiyyah Ibn Malik dan Ausat Al-Masalik li Alfiyyah Ibn Malik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas kitab Tashil dan Ausath yang disusun oleh orang Indonesia ditinjau dari aspek seleksi, gradasi, presentasi dan repetisi. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun analisis menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari aspek seleksi, kitab Tashil telah memenuhi faktor tujuan belajar, tingkat kemampuan siswa, pilihan tipe bahasa yang dipelajari, kemungkinan dipelajari kecuali faktor lama waktu belajar. Dari aspek gradasi menggunakan gradasi lurus dan gramatis. Dari aspek presentasi, telah memenuhi prosedur ostensif dan kontekstual kecuali prosedur diferensiasi dan piktoral, namun hal ini dapat ditoleransi karena kitab ini ditujukan bagi siswa tingkat atas. Dari aspek repetisi, kitab ini mengandung latihan yang berupa pertanyaan mengenai bab yang baru saja selesai dipelajari. Adapun kitab Ausat dari aspek seleksi telah memenuhi faktor tujuan belajar, tingkat kemampuan siswa, pilihan tipe bahasa yang dipelajari, kemungkinan dipelajari kecuali faktor lama waktu belajar. Dari aspek gradasi menggunakan gradasi lurus dan gramatis. Dari aspek presentasi, telah memenuhi prosedur diferensiasi, ostensif dan kontekstual kecuali prosedur piktoral, namun hal ini dapat ditoleransi karena kitab ini ditujukan bagi siswa tingkat atas. Dari aspek repetisi, kitab ini tidak mencamtumkan latihan dalam bentuk apapun. Kemudian Kedua kitab Tashil dan Ausath ini hanya dapat diajarkan kepada para siswa tingkat atas (mustawa al-mutaqaddim) dikarenakan sangat banyaknya jumlah materi, tingkat kesulitan materi, banyaknya pendapat dari beberapa pakar ulama’ nahwu dan seringnya memakai syi’ir sebagai contoh ataupun syawahid.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nasiruddin, M.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Komparasi, Materi, Tashil Al-Masalik dan Ausat} Al-Masalik
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Sep 2022 09:02
Last Modified: 05 Sep 2022 09:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52701

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum