PERSEPSI SISWA TERHADAP PERPUSTAKAAN DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR SMP NEGERI 3 MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG

Nurjanah, NIM. 04142041 (2006) PERSEPSI SISWA TERHADAP PERPUSTAKAAN DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR SMP NEGERI 3 MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI SISWA TERHADAP PERPUSTAKAAN DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR SMP NEGERI 3 MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG)
04142041_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI SISWA TERHADAP PERPUSTAKAAN DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR MENGAJAR SMP NEGERI 3 MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG)
04142041_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Obyek dari penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap pcrpustakaan dalam menunjang proses belajar mengajar SMP Negeri 3 Mertoyudan Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan metode survai yang bersifat deskriptif dengan responden siswa­siswi SMP Negeri 3 Mertoyudan. Jumlah sampel yang ditentukan sebanyak 50 responden. Pengumpulan data utama dilakukan dengan penyebaran kuesioner tertutup secara acak kebetulan, alat ukur jawaban menggunakan Skala Likert dan data penunjang dengan wawancara kepada Kepala Sekolah, Tim Peningkatan Mutu Sekolah, guru Bahasa Indonesia. Data penunjang Iainnya menggunakan dokumentasi dan metode studi pustaka. Hasil penelitian dijabarkan dalam bentuk tabel persentase, yang kemudian dianalisis dalam bentuk penafsiran dengan kalimat yang mengandung kesimpulan penelitian. Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian ini, bahwa persepsi siswa terhadap perpustakaan dalam menunjang proses belajar mengajar SMP Negeri 3 Mertoyudan Kabupaten Magelang sebagian besar sangat baik dengan dibarengi pemanfaatannya secara baik (96%) dalam menunjang pelajaran sekolah, walaupun belum maksimal. Kemudian sebagian besar persepsi siswa terhadap fungsi perpustakaan berfokus pada fungsi pendidikan / sarana pendidikan (78%), dengan frekuensi kunjungan yang baik antara 3-4 kali dalam seminggu. Hal ini sedikit banyak dipengaruhi oleh sikap proaktif dari petugas perpustakaan dan warga sekolah dalam promosi dan menciptakan perpustakaan sebagai tempat yang menyenangkan dengan fasilitas yang memadai dan menarik, walaupun alokasi dana untuk pengadaan buku sangat minim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Djazim Rohmadi, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Sekolah, proses belajar mengajar.
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Sep 2022 14:25
Last Modified: 05 Sep 2022 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52720

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum