KONTRIBUSI PONDOK PESANTREN AL-ISLAMY DALAM PEMBINAAN SENI BUDA YA ISLAM DI BANJARHARJO KALIBA WANG KULONPROGOYOGYAKARTA (1987-2001 M)

Rini Sulastri, NIM.9712 l 949 (2005) KONTRIBUSI PONDOK PESANTREN AL-ISLAMY DALAM PEMBINAAN SENI BUDA YA ISLAM DI BANJARHARJO KALIBA WANG KULONPROGOYOGYAKARTA (1987-2001 M). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI PONDOK PESANTREN AL-ISLAMY DALAM PEMBINAAN SENI BUDA YA ISLAM DI BANJARHARJO KALIBA WANG KULONPROGOYOGYAKARTA (1987-2001 M))
9712984_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI PONDOK PESANTREN AL-ISLAMY DALAM PEMBINAAN SENI BUDA YA ISLAM DI BANJARHARJO KALIBA WANG KULONPROGOYOGYAKARTA (1987-2001 M))
9712984_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

1. Sejarah lahimya PP Al-Islamy diprak:arsai oleh seorang tokoh yang sebelumnya aktif dalam kegiatan missionaris dan gigih menyebarkan agama Katolik, namun kemudian memeluk agama Islam sebagai agama yang hak:. Ia kemudian mendirikan PP Al-Islamy, karena melihat situasi dan kondisi masyarakat yang notabone banyak yang non muslim dan Islam abangan. 2. Pembinaan seni budaya Islam dilakukan oleh Pondok Pesantren Al-Islamy dcngan cara menghidupkan kembali salawatan erang-erang, salawatan ndolalak dan salawatan Al-Barzanji. Di samping itu bentuk pembinaannya juga melalui pengajian zikir fida', pengajian tafsir Qur'an Al -Ibris, pengajian TP A. 3. Adapun pengaruh dari aktivitas pembinaan budaya Islam yang dilakukan PP Al-Islamy adalah dalam bidang sosial seperti menumbuhkan rasa sating memiliki dan memperkokoh persaudaraan antar sesama Islam dengan tujuan agar pengamalan agama Islam bisa maju. Dalam perilaku keagamaan sehari-hari masyarakat dibiasakan mclakukan pembacaan salawat, pengajian-pengajian rutin dan pengajian akbar. Sedangkan dalam perkembangan budaya terjadi akulturasi budaya antara nilai-nilai budaya Hindu dan nilai-nilai ajaran Islam seperti yang terdapat pada wayang misalnya cerita wayang yang <lulu dari budaya Hindu kini sudah di rubah menjadi cerita yang berbau Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing :Dra. Hj. Siti Maryam, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren Al-Islamy, Banjarharjo, Kalibawang
Subjects: Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 05 Sep 2022 14:25
Last Modified: 05 Sep 2022 14:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52721

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum