AL-AKHTA’ AL-LUGOWIYYAH FII NAS AL-KHITOBAH LILTALIBAT BI MA’HAD AL-MAWADDAH BLITAR : DIRASAH TAHLILIYAH NAHWIYYAH

Regina Aulia Zen, NIM.: 1810101052 (2022) AL-AKHTA’ AL-LUGOWIYYAH FII NAS AL-KHITOBAH LILTALIBAT BI MA’HAD AL-MAWADDAH BLITAR : DIRASAH TAHLILIYAH NAHWIYYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL-AKHTA’ AL-LUGOWIYYAH FII NAṢ AL-KHITOBAH LILṬĀLIBĀT BI MA’HAD AL-MAWADDAH BLITAR : DIRĀSAH TAHLILIYAH NAHWIYYAH)
18101010052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (AL-AKHTA’ AL-LUGOWIYYAH FII NAṢ AL-KHITOBAH LILṬĀLIBĀT BI MA’HAD AL-MAWADDAH BLITAR : DIRĀSAH TAHLILIYAH NAHWIYYAH)
18101010052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini berjudul “Al-Akhta’ Al-Lugowiyyah fii Naṣ al-Khitobah lilṭālibāt bi Ma’had al-Mawaddah Blitar : Dirāsah Tahliliyah Nahwiyyah”. Skripsi ini mengkaji tentang kesalahan berbahasa dalam ilmu nahwu pada kaidah tanda baca (‘alamatul i’rab) yang di lakukan pada teks pidato bahasa Arab santriwati Pondok Pesantren Al-Mawaddah Blitar. Penelitian ini dilakukan sebab masih banyak santriwati yang tidak memahami dan sering melakukan kesalahan pada tanda baca I’rab dalam ilmu nahwu saat membuat teks pidato bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan berbahasa pada kaidah tanda baca I’rab daalam ilmu nahwu di teks pidato bahasa Arab santriwati Pondok Pesantren Al-Mawaddah Blitar serta mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data melalui observasi، wawancara، dan dokumentsi. Analisis data dilakukan oleh peneliti dengan metode deskriptif kualitatif. Pendekatan deskriptif digunakan untuk menggambarkan fakta dan menganalisisnya dari tahap mengumpulkan fakta، mengklasifikasikannya، menganalisisnya، dan menafsirkannya. Metode ini dipilih oleh peneliti untuk menggambarkan kesalahan berbahasa para pembelajar. Teori yang diterapkan pada penelitian ini adalah kajian tanda baca I’rab pada Kitab Matan Al-Jurumiyah karangan Abu Abdillah bin Muhammad bin Dawud As-Shonhaji. Hasil penelitian ini menemukan kesalahan berbahasa dalam kaidah nahwu dari aspek tanda baca atau علامة الإعراب . Penelitian ini menemukan kesalahan pada pembagian I’rab dalam jumlah 55 kesalahan yang terdiri dari rafa’, nasb, dan jar. Kesalahan rafa’ terdiri dari kesalahan rafa’ tanda baca dhammah, alif, dan wawu. Kesalahan nasb terdiri kesalahan nasb tanda baca fathah, kashroh, ya’, dan membungan nun. Kesalahan jar terdiri dari kesalahan jar tanda baca kashroh, ya’, dan fathah. Dari data-data ini، peneliti berharap penelitian ini bermanfaat bagi Pondok Pesantren Al-Mawaddah terkhusus ustdzah pendamping، santriwati mulahidhah muhadharah serta santriwati anggota pelatihan muhadlarah di Pondok Pesantren Al-Mawaddah Blitar. Peneliti tertarik dengan tema ini karena pembahasan mengenai nahwu menjadi dasar penguasaan bahasa Arab dan sangat membantu bagi setiap orang yang ingin belajar bahasa Arab termasuk santriwati Pondok Pesantren Al- Mawadda Blitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Hisyam Zaini, M.A
Uncontrolled Keywords: Kesalahan, Tata Bahasa, Retorika, Lembaga
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 05 Sep 2022 12:16
Last Modified: 05 Sep 2022 12:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52727

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum