PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TTS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA

AHIRUL HASANAH - NIM. 06420009 , (2011) PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TTS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TTS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TTS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MAN GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN Godean Sleman yang berjumlah 15 siswa. Data yang dikumpulkan berupa data observasi siswa dan nilai pre-test dan post-test siklus I dan siklus II. Data aktivitas siswa diambil dengan cara observasi dan dianalisa secara deskriptif dengan memaparkan presentase kegiatan pembelajaran di kelas. Data hasil belajar diambil dengan pre-test dan post-test siklus I dan siklus II kemudian ditabulasikan dalam rata-rata kelas. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rerata post-test siklus II dengan nilai rerata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media TTS (Teka-teki Silang) dapat diterapkan pada pembelajaran Bahasa Arab pada siswa kelas XI IPA MAN Godean Sleman Yogyakarta. Dan pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan TTS (Teka-teki Silang) ini berperan dalam meningkatan prestasi belajar Bahasa Arab siswa dengan adanya nilai effect size antara rerata pre-test dan post-test siklus I adalah 14,33 dan effect size antara rerata pre-test dan post-test siklus II adalah 19,33. Sedangkan peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 13,33 yang diperoleh dari selisih antara nilai rata-rata post-test siklus I dan nilai rata-rata post-test siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs.H. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Permainan, Teka-teki Silang (TTS)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 11 Mar 2013 22:12
Last Modified: 05 Apr 2017 13:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5274

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum