DAMPAK DANA FILANTROPI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI LINGKUNGAN MASJID (STUDI KASUS DI BMT MASJID AL-HIDAYAH KELURAHAN ENAM SUKU KECAMATAN LUBUK SIKARAH KOTA SOLOK SUMATERA BARAT)

Izharul Haqq Haris, NIM.: 17108010018 (2022) DAMPAK DANA FILANTROPI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI LINGKUNGAN MASJID (STUDI KASUS DI BMT MASJID AL-HIDAYAH KELURAHAN ENAM SUKU KECAMATAN LUBUK SIKARAH KOTA SOLOK SUMATERA BARAT). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK DANA FILANTROPI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI LINGKUNGAN MASJID (STUDI KASUS DI BMT MASJID AL-HIDAYAH KELURAHAN ENAM SUKU KECAMATAN LUBUK SIKARAH KOTA SOLOK SUMATERA BARAT))
17108010018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK DANA FILANTROPI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI LINGKUNGAN MASJID (STUDI KASUS DI BMT MASJID AL-HIDAYAH KELURAHAN ENAM SUKU KECAMATAN LUBUK SIKARAH KOTA SOLOK SUMATERA BARAT))
17108010018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

BMT Masjid Al-Hidayah adalah BMT berbasis masjid di Kota Solok Sumatera Barat yang menghimpun dana filantropi Islam yang biasanya berupa infaq dan sedekah. Dana ini digunakan sebagai pembiayaan kepada anggota BMT dengan akad qardhul hasan untuk membantu meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat lingkungan masjid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar perubahan pendapatan anggota BMT dan kesejahteraan seperti apakah yang dapat dihasilkan dengan adanya pembiayaan dana filantropi berdasarkan model Center for Islamic Business and Economic Studies (CIBEST). Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan analisa kuantitatif dengan data primer dari pengisian kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan dengan menggunakan dana filantropi telah mampu meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar masjid. Kemudian pembiayaan tersebut juga mampu meningkatkan kesejahteraan material anggota serta menghapus kemiskinan spiritual dan kemiskinan absolut pada anggota BMT Masjid Al-Hidayah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhammad Ghafur Wibowo, S.E., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Filantropi Islam, BMT berbasis masjid, Kuadran CIBEST
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 12 Sep 2022 11:32
Last Modified: 12 Sep 2022 11:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52798

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum