PENGARUH ISLAM DALAM PERUBA HAN KEBUDAYAAN SUKU KUBU Di DE SA BUKIT BERINGIN, KECAMATAN BANGKO, KABUPATEN MERANGIN, PROPINSI JAMBI (1986-2002)

Halimah Sa 'diyah, NIM.99122468 (2003) PENGARUH ISLAM DALAM PERUBA HAN KEBUDAYAAN SUKU KUBU Di DE SA BUKIT BERINGIN, KECAMATAN BANGKO, KABUPATEN MERANGIN, PROPINSI JAMBI (1986-2002). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH ISLAM DALAM PERUBA HAN KEBUDAYAAN SUKU KUBU Di DE SA BUKIT BERINGIN, KECAl\lATAN BANGKO, KABUPATEN MERA NGIN, PROPINSI JAMB! (1986-2002))
99122468_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH ISLAM DALAM PERUBA HAN KEBUDAYAAN SUKU KUBU Di DE SA BUKIT BERINGIN, KECAl\lATAN BANGKO, KABUPATEN MERA NGIN, PROPINSI JAMB! (1986-2002))
99122468_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Masyarakat Kubu di Desa Bukit Beringin, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin, pada akhimya dapat disimpulkan bahwa sebelum mengenal Islam, kehidupan mereka bersifat tertutup dengan masyarakat di luar Suku Kubu. Mereka belum secara sempurna berkomunikasi dengan masysarakat di luar kelompoknya menggunakan bahasa Indonesia. Untuk itu mereka lebih sering berkomunikasi dengan sesama Suku Kubu. Pengaruh Islam yang meliputi aspek aqidah, akhlak, dan syari'ah tidak terlihat dalam kebudayaan Suku Kubu sebelum mengenal Islam. Hal ini terdilihat dari kebiasaan mereka rnelakukan upacara pengobatan peniakit (besale), tradisi melangun, kebiasaan mengkonsumsi daging babi, ular, labi-labi dan lain-lain. dan lain-lain. Setelah mengenal Islam, Suku Kubu juga sudah menjaga kebersihan, berpakaian lengkap, menikah secara syari'ah Islam, serta mampu menjawab; "Assalamu 'alaikum" dengan "Wa 'alaikumussalam". Dengan demikian, perubahan kebudayaan Suku Kubu dipenharuhi oleh ajaran Islam, mesk1pun hanya sedikit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Soraya Adnani
Uncontrolled Keywords: Suku Kubu, Bukit Beringin, Jambi
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Sep 2022 14:48
Last Modified: 08 Sep 2022 14:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52801

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum