PEMBACAAN DEKONSTRUKSI JAQUES DERRIDA TERHADAP CERPEN MAUQIF HARIJ, KARYA TAUFIQ AL-HAKIM

Khoirul Mustain, NIM.: 18201010037 (2022) PEMBACAAN DEKONSTRUKSI JAQUES DERRIDA TERHADAP CERPEN MAUQIF HARIJ, KARYA TAUFIQ AL-HAKIM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBACAAN DEKONSTRUKSI JAQUES DERRIDA TERHADAP CERPEN MAUQIF HARIJ, KARYA TAUFIQ AL-HAKIM)
18201010037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBACAAN DEKONSTRUKSI JAQUES DERRIDA TERHADAP CERPEN MAUQIF HARIJ, KARYA TAUFIQ AL-HAKIM)
18201010037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “pembacaan dekonstruksi Jaques Derrida terhadap cerpen Mauqif Ḥarij, karya Taufīq al-Ḥakīm”. Berawal dari asumsi bahwa terdapat kejanggalan dalam cerpen Mauqif Ḥarij, karya Taufīq al-Ḥakīm”, yang mengakibatkan pembaca berada dalam posisi “terjebak”. Peneliti menyimpulkan bahwa ada unsur kesengajaan atau mungkin tidak disengaja yang tidak disadari oleh pengarang. Objek material dalam penelitian ini adalah cerpen Mauqif Ḥarij, karya Taufīq al-Ḥakīm. Adapun objek formalnya berintikan pada pembacaan dekonstruksi Jaques Derrida, meskipun pada strukturalisme Saussurean digunakan terlebih dahulu guna mencari makna dan struktur permukaan teks. Dekonstruksi pada dasarnya adalah menolak logosentrisme yang pada akhirnya memunculkan kebenaran tunggal. Derrida menawarkan différance untuk mengkaji ulang lewat residu, atau jejak yang ditinggalkan oleh teks tersebut agar peneliti dapat mempertanyakan eksistensi kebenaran tunggal tersebut. Kedua objek tersebut digunakan dalam rangka menjawab dua pertanyaan. Pertama, Bagaimana pembacaan dekonstruksi dalam mengidentifikasi dan membongkar ulang terhadap makna tersurat yang ada di balik judul cerpen Mauqif Ḥarij karya Taufīq al-Ḥakīm. Kedua, Bagaimana strategi pembaca agar terlepas dari logika yang dimainkan oleh pengarang dalam cerpen Mauqif Ḥarij, karya Taufīq al-Ḥakīm. Setelah melakukan proses pembacaan dekonstruksi, judul cerpen “Mauqif Ḥarij” ternyata tidak hanya merepresentasikan kondisi tokoh “Aku” yang tidak diuntungkan di dalamnya, ataupun mencerminkan kondisi pembaca yang telah berkontemplasi seakan menganggap dirinya sebagai tokoh “Aku”, melainkan lebih dari itu, terdapat sisi lain yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya melalui pembacaan structural, ataupun pembacaan tersurat, bahwa di balik itu semua terdapat rahasia tersembunyi bahwa pengarang sebenarnya ingin menguji pembaca agar tidak memasuki keadaan yang tidak menguntungkan tersebut dengan menyusun puzzle yang berserakan yang ditinggalkan oleh pengarang melalui karyanya Lailah al-Zifāf, kemudian menarik benang merahnya. Kata kunci: Dekonstruksi Derrida, cerpen Mauqif Ḥarij, Taufīq

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Nurain M.Ag
Uncontrolled Keywords: Dekonstruksi Derrida, cerpen Mauqif Ḥarij, Taufīq al-Ḥakīm, Strukturalisme Ferdinand de Saussure, cerpen Lailah al-Zifāf.
Subjects: Kesusastraan Arab
Kesusastraan Arab > Cerpen
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Sep 2022 11:41
Last Modified: 08 Sep 2022 11:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52806

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum