ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN USAHA MUSTAHIK BAZNAS KOTA YOGYAKARTA PENERIMA ZAKAT PRODUKTIF

Rama Razani, NIM.: 17108010052 (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN USAHA MUSTAHIK BAZNAS KOTA YOGYAKARTA PENERIMA ZAKAT PRODUKTIF. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN USAHA MUSTAHIK BAZNAS KOTA YOGYAKARTA PENERIMA ZAKAT PRODUKTIF)
17108010052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERKEMBANGAN USAHA MUSTAHIK BAZNAS KOTA YOGYAKARTA PENERIMA ZAKAT PRODUKTIF)
17108010052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Menurut pandangan Islam, salah satu cara untuk mengatasi masalah kemiskinan adalah melalui zakat. Dalam penelitian ini zakat didistribusikan secara produktif, yaitu zakat disalurkan dalam bentuk permodalan kepada mustahik dengan memberikan bantuan modal usaha. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh modal usaha, zakat produktif, pengalaman usaha dan tingkat pendidikan terhadap pendapatan mustahik penerima manfaat zakat produktif. Populasi dalam penelitian ini adalah mustahik penerima manfaat zakat produktif pada mustahik BAZNAS Kota Yogyakarta yang berjumlah 139 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin dengan margin kesalahan 10% yang menghasilkan 51 sampel penelitian. Data yang digunakan merupakan data primer yang diambil menggunakan kuesioner. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis model regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan modal usaha dan tingkat pendidikan secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap peningkatan pendapatan mustahik. Sementara itu, lama usaha dan zakat produktif secara parsial tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan pendapatan mustahik BAZNAS Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Taosige Wau, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: modal usaha, zakat produktif, pengalaman usaha, tingkat pendidikan, pendapatan mustahik, BAZNAS Kota Yogyakarta.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 12 Sep 2022 11:33
Last Modified: 12 Sep 2022 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52813

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum