KRITIK SOSIAL YUSUF AS-SIBA’I DALAM NOVEL ARDUN NIFAQ ATAS KONDISI SOSIAL MESIR TAHUN 1940-AN (KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK LUCIEN GOLDMAN)

Qurratul Aini, NIM.: 20201011011 (2022) KRITIK SOSIAL YUSUF AS-SIBA’I DALAM NOVEL ARDUN NIFAQ ATAS KONDISI SOSIAL MESIR TAHUN 1940-AN (KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK LUCIEN GOLDMAN). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KRITIK SOSIAL YUSUF AS-SIBA’I DALAM NOVEL ARDUN NIFAQ ATAS KONDISI SOSIAL MESIR TAHUN 1940-AN (KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK LUCIEN GOLDMAN))
20201011011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KRITIK SOSIAL YUSUF AS-SIBA’I DALAM NOVEL ARDUN NIFAQ ATAS KONDISI SOSIAL MESIR TAHUN 1940-AN (KAJIAN STRUKTURALISME GENETIK LUCIEN GOLDMAN))
20201011011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang kritik sosial Yu>suf As-Siba>’i> yang terdapat dalam novel Ard}un Nifa>q atas kondisi sosial Mesir pada tahun 1940-an. Ard}un Nifa>q merupakan novel yang berada dalam tataran realisme dan khayal, sehingga kemunculannya merupakan bagian dari fakta sejarah yang terjadi di Mesir ketika berada di bawah pemeritahan Raja Farouk 1 yang sangat pro dengan Barat. Sistem kekuasaannya yang meniru sistem pemerintahan Inggris mendatangkan banyak degradasi dalam berbagai sektor, dan membuat masyarakat dengan sistem kelas yang lebih rendah menghadapi langsung dampak tersebut. Peristiwa tersebut melahirkan gerakan sosialis guna melawan sistem pemerintahan yang dianggap tidak sejalan dengan aspirasi dan keinginan masyarakat. Melalui latar belakang sejarah di atas, Novel Ard}un Nifa>q muncul sebagai cermin dari kehidupan masyarakat dan juga ekspresi keputusasaanYu>suf As-Siba>’i> untuk mewujudkan perdamaian dan kesejahteraan masyarakat Mesir melalui kritik sosialnya terhadap sistem pemerintahan Mesir. Penelitian ini brtujuan untuk mengungkap hubungan antara strukturasi novel Ard}un Nifa>q dan struktur sosio-kultural pengarang yang melahirkan karya sastra, sehingga diketahui bagaimana hubungan tersebut merupakan bagian dari pandangan dunia pengarang sebagai anggota kelompok dari kelas sosial yang berada dalam masyarakat. Berdasarkan pada data tersebut, maka analisis bedah yang dipakai untuk penelitian ini adalah teori strukturalisme genetik Lucien Goldman. Karena fokus utama teori tersebut berkaitan dengan teks sastra, latar belakang sosial budaya, dan pengarang yang menulis novel. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Sedangkan metode penelitiannya menggunakan metode dialektik pemahaman-penjelasan, yaitu dengan menghubungkan antara struktur karya dengan realitas sosial (materialisme historis) dan subjek yang menciptakan karya. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa dalam novel Ard}un Nifa>q terdapat empat jenis kritik sosial Yu>suf As-Siba>’i> yang berkaitan dengan kehidupan dan sistem sosial masyarakat, yaitu kritik sosial moral, kritik sosial pendidikan, kritik sosial ekonomi, dan kritik sosial politik. Kritik sosial tersebut dijadikan landasan oleh Yu>suf As-Siba>’i dalam usahanya untuk mewujudkan sistem kehidupan sosial yang penuh dengan keadilan, perdamaian, dan kebebasan. Hal ini direalisasikan melalui pandangan dunianya yang bersifat humanis, sehingga setiap anggota masyarakat akan melakukan hak dan kewajiban sesuai dengan kedudukannya masing-masing.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Uki Sukiman, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Yusuf As-Siba’i, Ardun Nifaq, Strukturalisme Genetik, Kritik Sosial
Subjects: Kesusastraan Arab
Kesusastraan Arab > Novel - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 08 Sep 2022 13:41
Last Modified: 08 Sep 2022 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52821

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum