ANALISIS TAM PADA PENGGUNAAN APLIKASI KEUANGAN UMKM BERBASIS MOBILE

Qamarulhadi Asfian Arif, NIM.: 17108040026 (2022) ANALISIS TAM PADA PENGGUNAAN APLIKASI KEUANGAN UMKM BERBASIS MOBILE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS TAM PADA PENGGUNAAN APLIKASI KEUANGAN UMKM BERBASIS MOBILE)
17108040026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS TAM PADA PENGGUNAAN APLIKASI KEUANGAN UMKM BERBASIS MOBILE)
17108040026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan dan penggunaan suatu teknologi keuangan berbasis mobile terhadap para pelaku UMKM. Kerangka teoritis yang digunakan adalah konstuk teori Technology Acceptance Model (TAM) untuk menguji penerimaan dan penggunaan aplikasi BukuKas bagi pelaku UMKM. Konstruk yang digunakan pada analisis TAM penelitian ini adalah knowledge, perceived usefulness, perceived ease of use, attitude toward using, behavioral intention dan actual use. Pada penelitian sebelumnya tekait topik serupa memiliki hasil yang tidak konsisten. Peneliti mencoba menguji kembali konstruksi teori TAM pada pengunaan aplikasi BukuKas bagi pelaku UMKM. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dengan jumlah 402 responden yang diperoleh secara online. Teknik analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) yang merupakan teknik Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerimaan dan penggunaan aplikasi BukuKas bagi UMKM dipengaruhi oleh knowledge pengguna aplikasi BukuKas terhadap dua kontruk utama TAM yaitu perceived usefulness dan perceived ease of use. Kegunaan dan kemudahan penggunaan aplikasi BukuKas berpengaruh positif terhadap sikap positif pengguna aplikasi BukuKas. Sikap positif tersebut berpengaruh positif terhadap minat dan penggunaan aplikasi BukuKas secara berkelanjutan bagi aktivitas pencatatan keuangan pelaku UMKM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dwi Marlina Wijayanti, S.Pd., M.Sc,
Uncontrolled Keywords: Technology Acceptance Model, knowledge, perceived usefulness, perceived ease of use, attitude toward using, behavioral intention, actual use, UMKM dan aplikasi BukuKas.
Subjects: Ekonomi Islam > Akuntansi Syari'ah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 15 Sep 2022 15:19
Last Modified: 15 Sep 2022 15:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52833

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum