PENGARUH RASIO KINERJA KEUANGAN DAN VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2015-2020

Candra Ayyub Suphajar, NIM.: 18108010063 (2022) PENGARUH RASIO KINERJA KEUANGAN DAN VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2015-2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH RASIO KINERJA KEUANGAN DAN VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2015-2020)
18108010063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH RASIO KINERJA KEUANGAN DAN VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2015-2020)
18108010063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya pertumbuhan dan persaingan bisnis perbankan syariah di Indonesia membuat bank syariah perlu meningkatkan kinerjanya untuk untuk menciptakan perusahaan yang sehat. Profitabilitas merupakan indikator yang paling tepat untuk mengukur kinerja suatu bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio kinerja keuangan dan faktor makroekonomi jangka pendek dan jangka panjang terhadap profitabilitas perbankan syariah di Indonesia. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah Return on Asset (ROA) dan Net Operational Margin (NOM) sebagai proksi profitabilitas. Sedangkan variabel bebasnya adalah Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), dan Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) sebagai proksi kinerja keuangan serta inflasi, BI Rate, dan IPI sebagai proksi dari makroekonomi. Metode analisis yang digunakan adalah Vector Error Correction Model (VECM). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series bulanan dari Januari 2015-Desember 2020. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada jangka pendek inflasi, IPI, dan CAR bersama-sama memberikan pengaruh positif terhadap ROA dan NOM, sedangkan variabel BI Rate dan BOPO menunjukkan pengaruh negatif. Adapun pada estimasi jangka panjang variabel inflasi, NPF, dan CAR sama-sama memberikan pengaruh positif terhadap ROA dan NOM. Sedangkan variabel BI Rate, IPI, dan BOPO menunjukkan pengaruh negatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhammad Ghafur Wibowo, S.E., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Return on Asset (ROA), Net Operating Margin (NOM), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), inflasi, BI Rate, Industrial Production Index (IPI), VECM
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 15 Sep 2022 15:32
Last Modified: 15 Sep 2022 15:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52855

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum