K.H. AHMAD RIFA'I ARIEF DAN PERJUANGANNYA DALAM MENDIRIKAN PONDOK PESANTREN DAAR EL QOLAM DI GINTUNG, JAYANTI, TANGERANG, 1968-1997

Hapidudin Ferdiansyah, NIM.99122409 (2003) K.H. AHMAD RIFA'I ARIEF DAN PERJUANGANNYA DALAM MENDIRIKAN PONDOK PESANTREN DAAR EL QOLAM DI GINTUNG, JAYANTI, TANGERANG, 1968-1997. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (K.H. AHMAD RIFA'I ARIEF DAN PERJUANGANNYA DALAM MENDIRIKAN PONDOK PESANTREN DAAR EL QOLAM DI GINTUNG, JAYANTI, TANGERANG, 1968-1997)
99122409_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (K.H. AHMAD RIFA'I ARIEF DAN PERJUANGANNYA DALAM MENDIRIKAN PONDOK PESANTREN DAAR EL QOLAM DI GINTUNG, JAYANTI, TANGERANG, 1968-1997)
99122409_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Sebagai jawaban dari rumusan masalah maka penulis menyimpulkan beberapa ha!: Pertama, K.H. Ahmad Rifa'i Arief adalah seorang tokoh yang tidak mengenal lelah dalam perjuangannya untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan yaitu Pondok Pesantren Daar El-Qolam. Segala rintangan yang menghalanginya dihadapi dengan kepala dingin, Hal ini menunjukkan kepada kesungguhannya dalam perjuangan. Sifat ulet dan pantang menyerah kepada setiap rintangan kemudian membawanya kepada keberhasilan untuk mewujudkan niatnya dalam mendirikan Pondok Pesantren Daar EI-Qolam. Pembawaan dan sikap hidupnya yang selalu menunjukkan kesederhanaan, inilah yang membuatnya selalu dekat dengan warga sekitar Pondok Pesantren, para dewan guru serta para santri. Dalam banyak kesempatan ia selalu mengharapkan muridnya memiliki ilmu yang lebih dibandingkan dengan dirinya. Demikianlah motimotivasi yang selalu ia ungkapkan. Agar para santrinya lebih tekun dan berpacu dalam memperdalam ilmu pengetahuan, baik di dalam maupun di luar negeri. Kedua, Pondok Pesantren Daar El-Qolam pada awalnya hanya merupakan pengajian al-Qur'an untuk masyarakat desa Pasirgintung. Kegiatan ini mendapat respon yang cukup signifikan dari masyarakat, kemudian berkat dukungan dari masyarakat tersebut didirikanlah sebuah yayasan yang pada akhimya berkembang menjadi sebuah Pondok Pesantren. Ketiga, pemik.iran K.H. Ahmad Rifa'i Arief yang secara umum dapat dikategoirikan sebagai pandangan modemis telah membuka mata masyarakat desa Pasirgintung untuk lebih melihat modemitas sebagai sebbuah tantangan yang perlu disikapi bukan dihindari. Pengaruh ini terlihat dengan semakin banyaknya masyarakat sekitar Pondok Pesantren menenma dan menyekolahkan putra/putri mereka di Pondok Pesantren Daar El- Qolam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KH Ahmada Rifa'i Arief, PP Daar El Qolam Gintung Jayanti ,,Tangerang
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Sep 2022 12:59
Last Modified: 09 Sep 2022 12:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52861

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum