K.H. RADEN MUHAMMAD SHOLEH MUSTAFA SEBAGAI PELETAK DASAR PEMBAHARUAN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN QOMARUDDIN SAMPURNAN BUNGAH GRESIK 1948-1982 M

Nanang Fakhrurrozi, NIM.99122423 (2004) K.H. RADEN MUHAMMAD SHOLEH MUSTAFA SEBAGAI PELETAK DASAR PEMBAHARUAN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN QOMARUDDIN SAMPURNAN BUNGAH GRESIK 1948-1982 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (K.H. RADEN MUHAMMAD SHOLEH MUSTAFA SEBAGAI PELETAK DASAR PEMBAHARUAN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN QOMARUDDIN SAMPURNAN BUNGAH GRESIK 1948-1982 M)
99122423_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka tidak lengkap.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (K.H. RADEN MUHAMMAD SHOLEH MUSTAFA SEBAGAI PELETAK DASAR PEMBAHARUAN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN QOMARUDDIN SAMPURNAN BUNGAH GRESIK 1948-1982 M)
99122423_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

a. K.H.R.M. Sholeh Mustafa lahir di tengah-tengah keluarga yang disiplin tinggi, hal ini menjadikannya sebagai sosok berkepribadian mantap, dalam kehidupan masyarakat serta dibesarkan dalam lingkungan pesantren yang memang mendukung kemajuan keilmuan agamanya. b. Perjuangan K.H.R.M. Sholeh Mustafa di Pondok Pesantren Qomaruddin adalah suatu perjuangan yang sangat melelahkan terutama dalam pengembangan sistem pendidikan, karena sebelumnya pendidikan di Pondok Pesantren Qomaruddin masih menerapkan sistem wetonan dan sorogan. Namun akhimya ia dapat menerapkan sistem pendidikan klasikal di Pondok Pesantren Qomaruddin yang sesuai dengan tututan masyarakat dan perkembangan zaman, sehingga ia dikenal sebagai peletak dasar sistem pendidikan klasikal yang diselenggarakan dalam bentuk Madrasah atau Sekolah Pembaharuan pendidikan yang dilakukan oleh K.H.R.M. Sholeh Mustafa dimulai dari tine-kat dasar sampai tirn!kat menernmh ke atas temyata "--' - .._, t-• - banyak dipengaruhi oleh sistem pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Tebuireng Jomb&ng. Hal ini dimaklumi hi.rena K.H.R.M. Sholeh Mustafa lama menimba ilmu disana, bahkan pernah ditugaskan untuk merintis penqidikan di Kediri dan pemah juga mengajar di Desa Ngelom selarna satu bulan. PengaJaman ini yang mempengaruhi ide tersebut disamping juga pengaruh pendidikan yang diperolehnya selama ia belajar di Makkah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Imam Muhsin M. Ag
Uncontrolled Keywords: KH Raden Muhammad Sholeh Musthofa, Pondok Pesantren Qomaruddin
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 09 Sep 2022 13:23
Last Modified: 09 Sep 2022 13:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52867

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum