DEKONSTRUKSI GENDER : UPAYA PEREMPUAN DALAM MELAWAN STIGMA MENSTRUASI DI FILM PERIOD. END OF SENTENCE (STUDI ANALISIS WACANA KRITIS SARA MILLS)

Yosi Hermanto, NIM.: 16210012 (2022) DEKONSTRUKSI GENDER : UPAYA PEREMPUAN DALAM MELAWAN STIGMA MENSTRUASI DI FILM PERIOD. END OF SENTENCE (STUDI ANALISIS WACANA KRITIS SARA MILLS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DEKONSTRUKSI GENDER : UPAYA PEREMPUAN DALAM MELAWAN STIGMA MENSTRUASI DI FILM PERIOD. END OF SENTENCE (STUDI ANALISIS WACANA KRITIS SARA MILLS))
16210012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DEKONSTRUKSI GENDER : UPAYA PEREMPUAN DALAM MELAWAN STIGMA MENSTRUASI DI FILM PERIOD. END OF SENTENCE (STUDI ANALISIS WACANA KRITIS SARA MILLS))
16210012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang berjudul ―Dekonstruksi Gender: Upaya Perempuan dalam Melawan Stigma Buruk Menstruasi di Film Period. End Of Sentence (Analisis Wacana Kritis Sara Mills)‖ dengan tujuan mengetahui bagaimana proses dekonstruksi yang dilakukan oleh film Period. End Of sentence terhadap stigma buruk menstruasi yang ada di film Period. End Of Sentence. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis wacana kritis Sara Mills. Objek penelitian ini adalah adegan dan dialog yang mengandung dekonstruksi melalui tokoh-tokoh utama dalam film Period. End Of Sentence. Subyek penelitian ini adalah film ―Period. End Of Sentence‖. Hasil penelitian ini menemukan 1. Posisi subjek adalah empat tokoh utama yakni Sneha, Suman, Sbahana dan Arunachalam Muruganantham. 2. posisi objek diletakkan kepada kaum laki-laki di Harpur. 3. Posisi pembaca dalam film ditempatkan dalam salah satu posisi yang dapat mememengaruhi sebuah teks dipahami dan bagaimana aktor sosial diposisikan. Melalui analisis wacana kritis pula diperoleh bahwa perempuan di Harpur mengalami marjinalisasi, subordinasi, dan pelekatan stigma buruk terkait menstruasi yang mereka alami. Dekonstruksi yang digambarkan dalam film Period. End Of Sentence berupa pembalikan oposisi biner dominan: perempuan tidak mandiri, perempuan kotor, perempuan terkekang, dan perempuan lemah. Pembalikan ini memunculkan oposisi biner dominan baru berupa perempuan mandiri, perempuan tidak kotor, perempuan bebas, dan perempuan kuat. Adegan-adegan dan dialog yang dipaparkan dalam film Period. End Of Sentence telah mengungkapkan dua aspek dari tiga aspek yang berusaha dibongkar Derrida melalui teori dekonstruksinya. Aspek tersebut adalah aspek logosentrisme dan dualisme.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhamad Lutfi Habibi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Dekonstruksi, Gender, Film
Subjects: Gender
Komunikasi Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:58
Last Modified: 12 Sep 2022 07:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52879

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum