HUBUNGAN STRATIFIKASI SOSIAL DENGAN AKTUALISASI DIRI SANTRI PUTRA ULYA PONDOK PESANTREN AL IHYA ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP

Novi Anggita Respati, NIM.: 16220071 (2022) HUBUNGAN STRATIFIKASI SOSIAL DENGAN AKTUALISASI DIRI SANTRI PUTRA ULYA PONDOK PESANTREN AL IHYA ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN STRATIFIKASI SOSIAL DENGAN AKTUALISASI DIRI SANTRI PUTRA ULYA PONDOK PESANTREN AL IHYA ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP)
16220071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN STRATIFIKASI SOSIAL DENGAN AKTUALISASI DIRI SANTRI PUTRA ULYA PONDOK PESANTREN AL IHYA ULUMADDIN KESUGIHAN CILACAP)
16220071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keragaman kondisi masyarakat yang memunculkan adanya stratifikasi sosial. Stratifikasi sosial yang merupakan bagian dari sistem sosial berlaku di pesantren, termasuk Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap. Stratifikasi sosial erat kaitannya dengan aktualisasi diri dari para santri dalam berkegiatan di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stratifikasi sosial dengan aktualisasi diri santri putra Ulya di Pondok Pesantren Al Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode analisis data korelasional dan dapat dikelompokan dalam penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini adalah santri putra tingkat ‘Ulya PP. Al-Ihya Ulumaddin Kesugihan Cilacap yang berjumlah 114 santri. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 santri putra tingkat ‘Ulya yang dipilih secara random. Uji validitas pada penelitian ini menggunakan teknik korelasi skor product moment dari Karl Pearson. Uji reliabilitas pada penelitian ini menggunakan teknik Alfa Cronbach. Adapun pengolahan data bagi instrumen ini menggunakan bantuan program IBM SPSS 21. 0 for Windows. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh koefisien korelasi p = 0,367 (p > 0,05). Hal tersebut membuktikan bahwa hipotesis yang berbunyi adanya hubungan antara stratifikasi sosial dengan aktualisasi diri santri putra ulya PP Al-Ihya Ulumaddin Kesugihan dinyatakan ditolak. Dengan demikian, penelitian ini menunjukan bahwa tidak adanya hubungan antara stratifikasi sosial dengan aktualisasi diri santri putra. Artinya, tingkat aktualisasi diri dipengaruhi oleh faktor lain, selain stratifikasi sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Slamet S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: Stratifikasi Sosial, Aktualisasi Diri, Santri, Pondok Pesantren
Subjects: Psikologi > Psikologi Remaja
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Santri
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:15
Last Modified: 12 Sep 2022 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52884

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum