PARTISIPASI RELAWAN KOMUNITAS KAGEM TERHADAP PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK DI MASA PANDEMI COVID 19 DI DESA SARDONOHARJO SLEMAN

Dwi Anindita Ramadhan, NIM.: 16250046 (2022) PARTISIPASI RELAWAN KOMUNITAS KAGEM TERHADAP PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK DI MASA PANDEMI COVID 19 DI DESA SARDONOHARJO SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI RELAWAN KOMUNITAS KAGEM TERHADAP PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK DI MASA PANDEMI COVID 19 DI DESA SARDONOHARJO SLEMAN)
16250046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI RELAWAN KOMUNITAS KAGEM TERHADAP PENDAMPINGAN BELAJAR ANAK DI MASA PANDEMI COVID 19 DI DESA SARDONOHARJO SLEMAN)
16250046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Komunitas Kagem Sardonoharjo, kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini dibangun untuk sebagai kegiatan sosial dalam mendampingi belajar anak – anak secara non formal. Penelitian ini mengulas partisipasi para relawan untuk turut serta mendampingi belajar anak di masa pandemi covid 19. Tujuannya adalah bagaimana peranan para relawan dalam mendampingi belajar anak dan hambatan – hambatannya. Dalam penelitian ini menggunakkan penelitian kualitatif. Yakni berdasarkan pemaparan penelitian kualitatif – deskriptif. Dengan menarik subjek berdasarkan Purposive Sampling dan yang menjadi subjeknya ialah Komunitas Kagem, relawan pendampingan belajar, dan terkait objek yang membantu dalam mencari data. Proses pengumpulan data melalui: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang didapat dan dikumpulkan akan dijabarkan sebagai berikut: (1) Sikap para relawan terkait perubahan metode belajar: (a) Pembekalan bagi relawan, (b) Partisipasi relawan, (c) Kerjasama dalam pendampingan belajar. (2) Perubahan proses pendampingan seperti: (a) Sistem belajar online, (b) Orang Tua, (c) Agar anak – anak bisa tetap belajar, (3) Faktor penghambat para relawan Komunitas Kagem adalah: (a) Keterbatasan relawan, (b) Keluhan Orang Tua, (c) Fasilitas Komunitas Kagem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Solechah, S.Sos.I., M.Si
Uncontrolled Keywords: Bentuk Partisipasi Relawan, Perubahan Metode Belajar, Covid 19, Orang Tua.
Subjects: Covid-19
Pendidikan
Sosial, Gerakan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:20
Last Modified: 12 Sep 2022 08:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52886

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum