MAJELIS TA'LIM MINHAJUL KAROOMAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MASYARAKAT DESA WEDOMARTANI, NGEMPLAK, SLEMAN, YOGYAKARTA 1995-2002 M

Sigit Wicaksono, NIM. 99122347 (2004) MAJELIS TA'LIM MINHAJUL KAROOMAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MASYARAKAT DESA WEDOMARTANI, NGEMPLAK, SLEMAN, YOGYAKARTA 1995-2002 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MAJELIS TA'LIM MINHAJUL KAROOMAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MASYARAKAT DESA WEDOMARTANI, NGEMPLAK, SLEMAN, YOGYAKARTA 1995-2002 M)
99122347_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MAJELIS TA'LIM MINHAJUL KAROOMAH DAN PENGARUHNYA TERHADAP MASYARAKAT DESA WEDOMARTANI, NGEMPLAK, SLEMAN, YOGYAKARTA 1995-2002 M)
99122347_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan uraian dan penjelasan pada bab terdahulu, dan sebagai akhir dari pembahasan skripsi ini dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Keadaan masyarakat Desa Wedomartani sebelum adanya Majelis Ta'lim Minhajul Karoomah merupakan desa yang masih rawan terhadap segala hal, praktek-praktek syirik, tindakan amoral seperti, mabuk, judi, dan banyak setiap harinya warga yang kerasukan roh-roh makhluk halus. Ini semua akibat dari masih minimnya pengetahuan keagamaan yang dimiliki oleh masyarakat Wedomartani . Pendirian Majelis Ta'lim Minhajul Karoomah yang dipelopori oleh K.H. Achmad Dana memang sangat diharapkan oleh masyarakat Wedomartani guna memperbaiki dan meluruskan keadaan masyarakat sebagaimana tersebut di atas. Sehingga tingkah laku dan pola pikir mereka sesuai dengan ajaran Islam yang berdasarkan Al-Qur'an dan Al-Hadist. Perkembangan pesat Majelis terjadi pada tahun 1997-1999 dan 2000-2002. Indikasi tersebut ditandai dengan banyaknya jumlah jama'ah/santri yang bergabung untuk mengikuti pengajian di Majelis ini. Di samping bergerak dalam bidang sosial keagamaan, yang meliputi pengajian mingguan, pengajian selapanan, dan mujahadah, pada tahun 1997 Majelis tersebut juga bergerak dalam bidang sosial kemasyarakatan dan bidang sosial budaya. Dalam bidang sosial kemasyarakatan aktivitas yang dilakukan Majelis adalah mengadakan penyembuhan/pengobatan secara Islami. Adapun dalam bidang sosial budaya aktivitas yang dilakukan Majelis adalah berusaha meluruskan budaya atau adat yang melenceng dari ajaran-ajaran Islam. Segala aktivitas yang dilakukan oleh Majelis Ta'lim Minhajul Karoomah tersebut temyata membawa pengaruh besar terhadap masyarakat Wedomartani, dalam berbagai aspek kehidupan yaitu bidang sosial keagamaan antara lain, masyarakat Wedomartani mulai ada peningkatan kesadaran dalam menjalankan ibadah baik itu ibadah sunnah maupun ibadah wajib, adanya kesadaran dari warga untuk pergi ke masjid guna sholat berjam'ah, serta semakin semaraknya berbagai kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat Wedomartani seperti, pengajian, mujahadah, sholawatan dan lain-lain. Dalam bidang sosial kemasyarakatan yaitu dengan adanya pengobatan/penyembuhan yang dilakukan oleh Majelis secara gratis maka sedikit meringankan dan membantu beban masyarakat masalah kesehatan, baik itu kesehatan fisik maupun non fisik dan juga keuangan. Adapun dalam bidang sosial budaya yaitu masyarakat sedikit demi sedikit mulai meninggalkan adat atau budaya yang dilarang oleh Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Imam Muhsin, S.A g., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Majelis Ta'lim Minhajul Karoomah, Masyarakat Desa Wedomartani, Ngemplak, Sleman,
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Sep 2022 08:29
Last Modified: 12 Sep 2022 08:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52898

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum