AKULTURASI ISLAM DAN BUDAY A LOKAL (Studi Tentang Tradisi Kondangan di Desa Sugihan Kecamatan Jatiroto Kabupaten Wonogiri)

Ruslan, NIM. 99122344 (2003) AKULTURASI ISLAM DAN BUDAY A LOKAL (Studi Tentang Tradisi Kondangan di Desa Sugihan Kecamatan Jatiroto Kabupaten Wonogiri). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AKULTURASI ISLAM DAN BUDAY A LOKAL (Studi Tentang Tradisi Kondangan di Desa Sugihan Kecamatan Jatiroto Kabupaten Wonogiri))
99122338_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AKULTURASI ISLAM DAN BUDAY A LOKAL (Studi Tentang Tradisi Kondangan di Desa Sugihan Kecamatan Jatiroto Kabupaten Wonogiri))
99122338_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Waktu kemunculan ritual kondangan tidak diketahui secara pasti kapan dimulai, namun disini ditemukan jika kondangan ada sejak zaman sebelum kemerdekaan Republik Indonesia dan mulai marak sejak pasca kemerdekaan. Kondangan, berasal dari kata "undang", istilah kondangan bisa diartikan sebagai acara yang diselenggarakan dengan cara mengundang (pihak lain), dari acara mengundang itu terbagi dalam dua wilayah undangan, yaitu mengundang para kerabat dan tetangga untuk mengikuti kondangan dan selanjutnya mengundang para leluhur dan dzat gaib untuk datang memberikan restu dan mengabulkan permintaan shohibul hajat. Ritual kondangan merupakan tradisi yang menggabungkan dua unsur, yaitu nilai-nilai Islam dan budaya lokal (Jawa). Kondangan, menunjukkan betapa tingginya solidaritas antar masyarakat, sehingga dalam interaksi di dalamnya merupakan proses pergaulan yang bisa menambah keakraban dan kerukunan warga, sehingga orang yang tidak mau hadir dianggap tidak mau akrab dan rukun dengan warga masyarakat secara umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Riswinarno,SS
Uncontrolled Keywords: Akulturasi Islam , Budaya Lokal
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Sep 2022 09:03
Last Modified: 12 Sep 2022 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52909

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum