PERANAN KH. HASAN THOLABI DALAM MENGEMBANGKAN ORGANISASI NAHDLATUL ULAMA PIMPINAN CABANG KULONPROGO (1949-1990 M)

Siti Nur Indah, NIM. 99122324 (2005) PERANAN KH. HASAN THOLABI DALAM MENGEMBANGKAN ORGANISASI NAHDLATUL ULAMA PIMPINAN CABANG KULONPROGO (1949-1990 M). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN KH. HASAN THOLABI DALAM MENGEMBANGKAN ORGANISASI NAHDLATUL ULAMA PIMPINAN CABANG KULONPROGO (1949-1990 M))
99122324_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERANAN KH. HASAN THOLABI DALAM MENGEMBANGKAN ORGANISASI NAHDLATUL ULAMA PIMPINAN CABANG KULONPROGO (1949-1990 M))
99122324_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

KH. Hasan Tholabi lahir di tengah-tengah keluarga yang agamis dan juga dalam masyarakat yang memegang teguh ajaran agama. Orang tuanya adalah seorang muslim yang taat dan memiliki komitmen keislaman yang kuat. Latar belakang keluarga dan kondisi riil lingkungan masyarakat tempat KH. Hasan Tholabi lahir dan tumbuh dewasa memiliki pengaruh kuat terhadap pembentukan karakter dan kepribadiannya. Pendidikan yang ditempuh KH. Hasan Tholabi dari pesantren ke pesantren telah mengantarkan beliau menjadi orang yang memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi pada syi'ar Islam. Sebagai mengembangkan laju perjalanan sejarah NU ca.bang Kulonprogo, baik ketika NU menjadi organisasi sosial keagamaan maupun ketika NU terlibat dalam politik praktis. Peranannya dalam mengembangkan organisasi antara lain melalui kesekretariatan dan kaderisasi. Usaha ini dimulai dari pendaftaran anggota yang dilanjutkan dengan penertiban administrasi dari tingkat ranti.t1g sampai tingkat cabang. Untuk mempersiapkan kader-kader NU yang mempunyai dedikasi dan tanggung jawab, beliau mengintensifkan pesantren sebagai lahan untuk mencetak kader-kader yang tangguh. seorang ulama beliau memiliki sifat dan kepribadian yang pantas diteladani. Keramahtamahan dan Adapun usahanya dalam mengembangkan jama'ah yaitu melalui bidangkewibawaannya membuat beliau selalu disegani oleh agama. pendidikan serta pemberdayaan ekonomi. Selain membawa misimasyarakat. Sosok sederhana, zuhud dan tawadlu' menjadikan beliau tetap konsisten terhadap peran keulamaannya dan tetap memilih pesautren sebagai lahan perjuangannya. Peran dan perjuangan KH. Hasan Tholabi tidak bisa diabaikan begitu saja. Beliau mempunyai peran yang cukup besar dalam mendirikan dan Ahl al-sunnah wa al-jama 'ah dalam berdakwah, beliau juga dikenal sebagai ulama yang cukup getol dalam melawan ide-ide yang dianggap dapat membahayakan keimanan umat Islam. Dalam bidang pendidikan KH. Hasan Tholabi senantiasa mengedepankan pemikiran-pemikiran yang dinamis konstruktif dengan melihat perkembangan .zaman dan berlandaskan nilai-nilai Islam melalui pendidikan formal maupun non formal. Oleh karena itu selain mendirikan pondok pesantren Al-Qur'an Wates, beliau juga mendirikan SMA Ma'arif Wates. Dalam bidang ekono

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Himayatul Ittihadiyah, M. Hum.,
Uncontrolled Keywords: KH Hasan Tholabi, Organisasi Nahdlatul Ulama, Cabang Kulonprogo
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Sep 2022 10:10
Last Modified: 12 Sep 2022 10:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52918

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum