NILAI-NILAI ISLAM DALAM TRADISI NGIJING PADA UPACARA SELAMETAN NYEWU DUSUN MUDAL, ARGOMULYO, CANGKRINGAN, SLEMAN

Jamaludin Amri, NIM. 99122317 (2004) NILAI-NILAI ISLAM DALAM TRADISI NGIJING PADA UPACARA SELAMETAN NYEWU DUSUN MUDAL, ARGOMULYO, CANGKRINGAN, SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI ISLAM DALAM TRADISI NG/JING P ADA UP A CARA SELAMETAN NYEWU DUSUN MUDAL, ARGOMULYO, CANGKRINGAN, SLEMAN)
99122317_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI ISLAM DALAM TRADISI NG/JING P ADA UP A CARA SELAMETAN NYEWU DUSUN MUDAL, ARGOMULYO, CANGKRINGAN, SLEMAN)
99122317_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tradisi Ngijing dilakukan masyarakat dusun Mudal pada rangkaian upacara selamaten nyewu yang merupakan prosesi terakhir dalam rangkaian selametan orang meninggaJ. Pelaksanaan tradisi Ngijing merupakan simbol ketaatan kepada tradisi leluhur, dan juga sebagai perekat tali kekeluargaan. Tradisi Ngijing berfungsi menjaga pandangan masyarakat tentang status sosial seseorang. Orang yang tidak melakukan tradisi tersebut, setidaknya akan mendapat kesan negatif dari anggota masyarakat lainnya karena di anggap tidak menghormati leluhur dan tidak melestarikan kebudayaan. 2. Tradisi Ngijing merupakan tradisi yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat Islam Jawa, khususnya masyarakat Islam dusun Mudal. Di dalam pelaksanaan tradisi tersebut dapat dilihat adanya unsur-unsur nilai Islam yang dapat diklasifikasi menjadi tiga macam yaitu nilai aqidah, nilai syari'ah dan nilai akhlaq. 3. Nilai-nilai Islam yang terkandung dalam tradisi Ngijing sangat berpengaruh terhadap prilaku keagamaan masyarakat dusun Mudal. Nilai aqidah dan nilai syariah mempengaruhi prilaku mereka dalam beribadah. Nilai akhlaq mempengaruhi prilaku masyarakat dalam bersosiahsasi sesuai dengan tuntunan agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sudjadi, M.A
Uncontrolled Keywords: Tradisi Ngijing, Upacara Selametan Nyewu, Dusun Mudal Argomulyo Cangkringan Sleman
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 12 Sep 2022 10:30
Last Modified: 12 Sep 2022 10:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52921

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum