STRATEGI KREATIF PRODUSER PROGRAM ACARA “SAHUR BARENG GUS MIFTAH” DI JTV DALAM MENARIK MINAT PENONTON

Mochammad Ferdian Abidin, NIM.: 17102010033 (2022) STRATEGI KREATIF PRODUSER PROGRAM ACARA “SAHUR BARENG GUS MIFTAH” DI JTV DALAM MENARIK MINAT PENONTON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KREATIF PRODUSER PROGRAM ACARA “SAHUR BARENG GUS MIFTAH” DI JTV DALAM MENARIK MINAT PENONTON)
17102010033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (22MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KREATIF PRODUSER PROGRAM ACARA “SAHUR BARENG GUS MIFTAH” DI JTV DALAM MENARIK MINAT PENONTON)
17102010033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (33MB) | Request a copy

Abstract

Pada Bulan Ramadhan stasiun televisi nasional maupun lokal berlomba memunculkan program spesial Ramadhan. Program acara yang muncul di bulan Ramadhan beragam, dari program baru maupun program lama, baik program yang tayang pada jam berbuka maupun pada jam sahur. Jenis program yang muncul beragam mulai dari hiburan hingga religi ataupun perpaduan antara keduanya. Salah satu televisi lokal di Jawa Timur yatu JTV pada Ramadhan tahun 2021 memunculkan program religi baru yang tayang pada jam sahur dengan nama Sahur Bareng Gus Miftah. Pada penayangan perdananya di tahun 2021, program ini mendapatkan penonton cukup banyak jika dibandingkan dengan program acara sahur televisi lokal lainnya. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana strategi kreatif produer program acara Sahur Bareng Gus Miftah dalam menarik minat penonton. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dalam mengetahui strategi produser peneliti menggunakan teori strategi produksi milik Peter Pringle dan teori sifat kreatif milik Himes unutuk mengetahui sifat kreatif dari produser. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara secara mendalam dengan produser, observasi, dan dokumentasi yang nantinya akan dianalisis menggunakan teori analisis milik Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah berhasilnya produser menggaet Gus Miftah sebagai tokoh utama dalam program Sahur Bareng Gus Miftah. Dalam mendukung itu strategi kreatif dari produser adalah memberikan konsep program yang dalam satu episode berisi tausiah diselingi guyonan khas Jawa Timur dari co-host Yudho- Andik yang dipilih produser karena sering mendampingi Gus Miftah dalam acara off-air. Promosi program yang dilakukan dengan penayangan tiga babak yaitu cuplikan episode di Instagram, on-air, dan mengunggah hasil produksi di Youtube, ketiganya dilakukan secara berkala dan dilakukan pada hari yang sama. Produser juga memanfaatkan beberapa talent dalam membuat sesuatu yang baru setiap episodenya seperti Andik TB yang menirukan Gus Miftah, mengundang Kapolres Kediri, dan pertanyaan langsung dari pemirsa melalui Instagram Gus Miftah. Dari keseluruhan strategi yang dilakukan, produser menekankan untuk selalu well prepared dan zero mistake di setiap aspek yang berkaitan dengan program.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mochammad Sinung Restendy, M.Sos.
Uncontrolled Keywords: Strategi Kreatif, Produser, Sahur Bareng Gus Miftah
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Sep 2022 14:47
Last Modified: 12 Sep 2022 14:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52936

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum