STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS ARUS INFORMASI SANTRI NUSANTARA (AISNU) DALAM GERAKAN LITERASI DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19

Amalia Nadzifa, NIM.: 17102010041 (2022) STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS ARUS INFORMASI SANTRI NUSANTARA (AISNU) DALAM GERAKAN LITERASI DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS ARUS INFORMASI SANTRI NUSANTARA (AISNU) DALAM GERAKAN LITERASI DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19)
17102010041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS ARUS INFORMASI SANTRI NUSANTARA (AISNU) DALAM GERAKAN LITERASI DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19)
17102010041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Disrupsi teknologi di tengah pandemi Covid-19 mengakibatkan perubahan diberbagai tatanan kehidupan masyarakat. Berbagai macam upaya dilakukan untuk mendongkrak kembali berbagai macam sektor kehidupan yang melemah akibat pandemi Covid-19. Begitu pula yang dilakukan AIS Nusantara, di tengah pandemi Covid-19 yang belum terprediksi kapan selesainya, AISNU harus melakukan penyesuaian diri. Bagaimana supaya pesan literasi digital tersampaikan dan diterima sasaran komunikasi secara efektif dan tetap aman dari virus Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi komunitas AIS Nusantara dalam gerakan literasi digital di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, yang mana teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun pisau bedah dalam penelitian ini menggunakan Analisi SWOT serta teori strategi komunikasi Hafied Cangara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AIS Nusantara memanfaatkan kekuatan serta peluang yang AISNU miliki untuk kemudian di terapkan dalam strategi komunikasi dalam gerakan literasi digital di masa pandemi Covid-19. Menetapkan komunikator yang berkompeten, sesuai dengan bidang keahliannya serta vaksinasi booster sebagai syarat bagi komunikator di masa pandemi Covid-19, menetapkan target sasaran komunikasi yakni santri dan pondok pesatren sebagao fokus dalam penyampaian pesan literasi digital, menyusun pesan menggunakan teknik two-side-issue. Selain bersifat informatif, pesan yang disampaikan AISNU juga bersifat persuasif dan edukatif, di masa pandemi Covid-19 AISNU memilih Youtube, Zoom Meeting, serta Instagram sebagai media dalam gerakan literasi digital, mempromosikan kegiatan literasi digital di berbagai media sosial AISNU agar khalayak dapat bergabung melalui media yang telah ditentukan AISNU, menghubungi dan bermitra dengan kelompok atau orang-orang berpengaruh untuk mendukung gerakan literasi digital bagi santri dan pondok pesantren, menetapkan tujuan agar terjadi efek atau perubahan sesuai dengan tujuan atau visi yang telah ditentukan AISNU, rutin melaksanakan evaluasi setiap selesai penyelenggaran kegiatan literasi digital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Khadiq, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Literasi Digital, AIS Nusantara, Covid-19
Subjects: Komunikasi Islam
Literasi Informasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Sep 2022 14:52
Last Modified: 12 Sep 2022 14:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52937

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum