KOMODIFIKASI NILAI AGAMA ISLAM DALAM IKLAN LUWAK WHITE KOFFIE DAN LUWAK KOPI HITAM VERSI USTADZ TAUFIQURRAHMAN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND.BARTHES)

Ridwan Dwi Jatmiko, NIM.: 17102010069 (2022) KOMODIFIKASI NILAI AGAMA ISLAM DALAM IKLAN LUWAK WHITE KOFFIE DAN LUWAK KOPI HITAM VERSI USTADZ TAUFIQURRAHMAN (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND.BARTHES). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMODIFIKASI NILAI AGAMA ISLAM DALAM IKLAN LUWAK WHITE KOFFIE DAN LUWAK KOPI HITAM VERSI USTADZ TAUFIQURRAHMAN (Analisis Semiotika Roland.Barthes))
17102010069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KOMODIFIKASI NILAI AGAMA ISLAM DALAM IKLAN LUWAK WHITE KOFFIE DAN LUWAK KOPI HITAM VERSI USTADZ TAUFIQURRAHMAN (Analisis Semiotika Roland.Barthes))
17102010069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Iklan merupakan media persuasif yang ditujukan kepada masyarakat untuk meminati produk yang ditawarkan. Salah satu upaya untuk mendapatkan atensi dari masyarakat adalah dengan memanfaatkan momen di bulan Ramadhan. Banyak iklan yang berlomba-lomba menampilkan iklan yang menarik dengan memasukan unsur agama Islam didalamnya. Iklan Luwak White Koffie dan Luwak Kopi Hitam merupakan salah satu iklan yang memanfaatkan momen bulan Ramadhan dengan memasukan nilai Islam agar masyarakat meminati produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana makna yang terdapat dalam tanda nilai agama Islam yang dijadikan komodifikasi dalam iklan Luwak White Koffie dan Luwak Kopi Hitam versi Ust. Taufiqurrahman. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis semiotika Roland Barthes yang menganalisis tanda menjadi dua bagian yaitu penanda dan petanda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa nilai agama Islam dijadikan sebagai komodifikasi dalam iklan Luwak White Koffie dan Luwak Kopi Hitam terdapat tiga bentuk, yaitu ikonografi (penggambaran identitas), endoser iklan, dan isi pesan. Bentuk ikonografi terdiri dari penggunaan jilbab yang kurang sempurna, biji tasbih digelangkan saat minum kopi, menggunakan busana muslim saat minum kopi dan instrumen musik gambus. Bentuk endoser iklan yaitu Ustadz Taufiqurrahman sebagai bintang iklan. Sementara bentuk isi pesan yaitu mengajak pemirsa untuk meminum kopi agar meraih hidup berkah. Nilai-nilai Islam yang dijadikan sebagai komodifikasi dalam Iklan Luwak White Koffie dan Luwak Kopi Hitam ini bertujuan untuk menarik minat masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam di bulan Ramadhan untuk membeli Kopi Luwak White Koffie dan Luwak Kopi Hitam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. M. Kholili, M, Si..
Uncontrolled Keywords: Komodifikasi nilai agama Islam, iklan Luwak White Koffie dan Luwak Hitam, Semiotika Roland Barthes
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 12 Sep 2022 15:12
Last Modified: 12 Sep 2022 15:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52941

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum