PEMBELAJARAN LITERASI TERBAIK ANAK USIA DINI DI PAUD KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN

Cesilia Prawening, S.Pd, NIM.: 20204031014 (2022) PEMBELAJARAN LITERASI TERBAIK ANAK USIA DINI DI PAUD KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN LITERASI TERBAIK ANAK USIA DINI DI PAUD KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN)
20204031014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN LITERASI TERBAIK ANAK USIA DINI DI PAUD KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN)
20204031014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji macam-macam bentuk pembelajaran berbasis literasi, aktualisasi kegiatan pembelajaran berbasis literasi best learning, dan dampak dari adanya kegiatan pembelajaran berbasis litersi best learning bagi anak usia dini di lembaga PAUD Kecamatan Purwokerto Selatan. Penelitian merupakan jenis kualitatif deskriptif analitik. Peneliti melakuakn pengkajian secara langsung di lokasi penelitian dengan mengambil data secara langsung di tiga lembaga PAUD yang melaksanakan pembelajaran berbasis literasi best learning di Kecamatan Purwokerto Selatan yakni dengan melakukan observasi, wawancara kepada 3 kepala sekolah, 6 guru, 10 murid, dan 30 orang tua, serta dengan melakukan kegiatan dokumentasi dengan mengumpulkan data-data yang terdiri dari RPPH, RPPM, Kurikulum, foto kegiatan, dan lembar penilaian perkembangan anak didik. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif yakni peneliti mendeskripsikan kegiatan pembelajaran berbasis literasi best learning anak usia dini di PAUD Kecamatan Purwokerto Selatan. Hasil pnelirtian ini adalah bentuk pembelajaran pada lembaga PAUD yang dipilih oleh ketiga lembaga dengan berbasis pada kegiatan literasi terdiri dari (1) model bercerita, (2) model bermain, (3) model tanya jawab, (4) model demonstrasi, (5) model pemberian tugas, (6) model circle the time. Terdapat 20 jenis pembelajaran literasi dari total keseluruhan 21 yang sesuai dengan indicator pembelajaran literasi terbaik, kegiatan yang terinternalisasi dalam ketujuh macam kecakapan literasi dasar anak usia dini yaitu: (1) literasi baca tulis terdapat kegiatan terdapat kegiatan read aloud, games literasi, dan bernyanyi; (2) literasi sains terdapat kegiatan diantaranya sentra sains dan kegiatan recalling; (3) literasi digital terdapat kegiatan diantaranya bioskop mini, sentra IT, cerita kreatif interaktif; (4) literasi budaya dan kewarganegaraan terdapat kegiatan diantaranya upacar bendera, pembiasaan berbahasa jawa, memperingati hari besar, read aloud cinta tanah air; (5) literasi finansial terdapat kegiatan diantaranya market day dan kegiatan tematik; (7) literasi keagamaan terdapat kegiatan diantaranya mengaji, one day one verse, dan wawasan keislaman. Satu kegiatan yang menjadi bahan evaluasi adalah lembar kerja siswa. Dampak dari adanya pembelajaran berbasis pada literasi best learning dalam aktualisasi pertumbuhan dan perkembangan anak di lembaga RA Rumah Kreatif Wadas Kelir, TK Bina Insan Mandiri School, dan Pos PAUD Kusuma Bangsa adalah: (1) berkembangnya kemampuan literasi baca tulis berupa ketrampilan bahasa, perbendaharaan kosakata, kemampuan menyimak, pemecahan masalah, keaksaraan, kecintaan terhadap materi cetak, dan kemampuan menulis yang baik; (2) berkembangnya kemampuan literasi sains pada anak berupa berpikir kritis, menyenangi aktivitas sains, dan memiliki pengalaman yang mengesankan; (3) berkembangnya kemampuan litersi digital berupa menyenangi media elektronik, memahami fungsi alat elektronik, menggundaka media sosial dengan benar dan mandiri; (4) berkembangnya kemmapuan literasi budaya dan kewarganegaraan yakni sikap menghormati bendera, menghafalkan lagu nasional, menggunakan bahasa daerah dalam keseharian, tertib upacara, mengerti identitas negara yang ditinggalinya; (5) berkembangnya kemampuan literasi numerasi diantaranya menyenangi aktivitas berhidtung dan memahami petunjuk dengan baik, menerapkan model matematikan dalam kehidupan; (6) berkembangnya kemampuan literasi finansial diantaranya mengenali nominal uang dan memiliki menejemen keuangan yang baik untuk sesusisa anak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Suyadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: metode bercerita; literasi sains; learning; literacy; early childhood
Subjects: Literasi Informasi
Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 15 Sep 2022 09:32
Last Modified: 15 Sep 2022 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52946

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum