PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) DALAM PEMBELAJARAN AL QIRA’AH DI KELAS VIII-A MTs NEGERI YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2009/2010

TRIANA NUR LAILA - NIM. 06420031 , (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) DALAM PEMBELAJARAN AL QIRA’AH DI KELAS VIII-A MTs NEGERI YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) DALAM PEMBELAJARAN AL QIRA’AH DI KELAS VIII-A MTs NEGERI YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAIKEM) DALAM PEMBELAJARAN AL QIRA’AH DI KELAS VIII-A MTs NEGERI YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran PAIKEM (pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan) dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat diterapkannya model PAIKEM dalam pembelajaran al Qira'ah di MTs Negeri II Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi pemikiran bagi penelitian serupa yang membahas tentang PAIKEM. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar di MTs Negeri II Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif analitik, yaitu teknik analisa data dengan menuturkan, menafsirkan serta mengklarifikasikan dan membandingkan fenomena-fenomena. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa penerapan pembelajaran aktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan berlangsung sangat baik. Hal ini tercermin dari; 1) Aktivitas Guru, yakni dalam menyampaikan pelajaran Al Qira'ah kepada siswa guru menggunakan berbagai cara, metode dan tehnik untuk mengembangkan, memaksimalkan, dan mengaktifkan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar, baik aktif fisik maupun aktif mental. Guru juga menggunakan alat bantu, media, dan membangkitkan semangat peserta didik dengan memberikan reward kepada peserta didik yang mampu menjawab pertanyaan dari guru. 2) Aktifitas Peserta Didik: dalam pembelajaran bahasa Arab di MTsN II Yogyakarta setiap peserta didik terlibat aktif dalam pelajaran khususnya al Qira'ah karena peserta didik lebih merasa tertarik dengan guru pada semester sekarang dibandingkan dengan guru pada semester lalu. Keaktifan peserta didik ini tidak hanya terbatas pada keaktifan fisik seperti sibuk bekerja dan bergerak. Tetapi juga keaktifan mental seperti sering bertanya, mempertanyakan gagasan orang lain dan mengungkapkan gagasan.3)Lingkungan: suasana belajar yang nyaman terdapat di MTsN II Yogyakarta ssehingga peserta didik merasa senang dalam belajar. Dalam hal ini pihak madrasah juga berusaha menciptakan setiap sudut ruangan nyaman digunakan untuk belajar. Faktor-faktor yang mendukung diterapkannya model pembelajaran PAIKEM ini diantaranya adalah terciptanya program iqra' seminggu dua kali dengan bimbingan dari guru-guru MTsN II Yogyakarta. Sedangkan faktor-faktor yang menghambat diantaranya yaitu kesulitan siswa dalam menghafal kosakata-kosakata bahasa Arab dan pemahaman siswa dalam al Qira'ah mengingat latar belakang peserta didik yang sebagian besar berasal dari sekolah dasar (SD).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: DR.H.A. Janan Asifudin, M.A.
Uncontrolled Keywords: Qira'ah , Model Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 22 Mar 2013 16:08
Last Modified: 05 Apr 2017 15:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5297

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum