PENGARUH KEBANGSAAN ASING DAN DIVERSITAS GENDER PADA DEWAN KOMISARIS DAN DEWAN DIREKSI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di ISSI 2016-2020)

Al virizky Arjunitha Al Munawir, NIM.: 18108030044 (2022) PENGARUH KEBANGSAAN ASING DAN DIVERSITAS GENDER PADA DEWAN KOMISARIS DAN DEWAN DIREKSI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di ISSI 2016-2020). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEBANGSAAN ASING DAN DIVERSITAS GENDER PADA DEWAN KOMISARIS DAN DEWAN DIREKSI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di ISSI 2016-2020))
18108030044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEBANGSAAN ASING DAN DIVERSITAS GENDER PADA DEWAN KOMISARIS DAN DEWAN DIREKSI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di ISSI 2016-2020))
18108030044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Dalam beberapa tahun belakang ini, isu mengenai keberagaman dalam anggota dewan mulai menjadi bahan penelitian yang banyak diteliti. Dalam penelitian ini secara khusus ingin menganalisis tentang bagaimana pengaruh kebangsaan asing, keberagaman dewan komisaris dan dewan direksi terhadap kinerja keuangan perusahaan. Variabel independen penelitian ini yaitu kebangsaan asing, gender dewan komisaris dan gender dewan direksi yang diukur menggunakan dummy. Sedangkan untuk variabel dependen adalah kinerja keuangan perusahaan yang diproksikan dengan ROA (return on asset), dan sebagai variabel kontrol menggunakan leverage dan ukuran perusahaan. Data diambil dari 11 perusahaan yang ada di ISSI pada periode 2016-2020 dengan menggunakan kriteria tertentu dan diolah dengan menggunakan regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara kebangsaan asing, gender dewan komisaris dan gender dewan direksi dengan kinerja keuangan perusahaan. Argumen teoritis yang masuk akal dari penelitian ini adalah teori ketergantungan sumber daya (resource dependency theory) yang menunjukkan bahwa kebangsaan asing, gender dewan komisaris dan dewan direksi mungkin memiliki efek positif, negatif atau netral terhadap kinerja keuangan perusahaan. Namun hasil analisis statistik dalam penelitian ini hanya menunjukkan adanya pengaruh positif dan negatif meskipun tidak signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Rizaldi Yusfiarto, S.Pd., M.M.
Uncontrolled Keywords: Kebangsaan Asing, Gender Dewan Komisaris, Gender Dewan Direksi, Leverage, Ukuran Perusahaan.
Subjects: Manajemen Keuangan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 11:28
Last Modified: 22 Sep 2022 11:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52970

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum