DETERMINAN PENGHINDARAN PAJAK DENGAN HUBUNGAN POLITIK SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SAHAM SYARIAH DI INDONESIA

Eka Fitriani Nikmatul Ulfa, NIM.: 18108040018 (2022) DETERMINAN PENGHINDARAN PAJAK DENGAN HUBUNGAN POLITIK SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SAHAM SYARIAH DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DETERMINAN PENGHINDARAN PAJAK DENGAN HUBUNGAN POLITIK SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SAHAM SYARIAH DI INDONESIA)
18108040018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DETERMINAN PENGHINDARAN PAJAK DENGAN HUBUNGAN POLITIK SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA SAHAM SYARIAH DI INDONESIA)
18108040018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perilaku penghindaran pajak merupakan perilaku yang dapat menimbulkan kerugian pendapatan negara khususnya negara berkembang seperti Indonesia. Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi perilaku penghindaran pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ketidakpastian kebijakan ekonomi, likuiditas saham, kapasitas inovasi dan leverage terhadap perilaku penghindaran pajak serta mengetahui pengaruh hubungan politik dalam memoderasi hubungan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan data panel. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang telah terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) pada tahun 2018 - 2020. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 87 data pengamatan. Teknik analisis data regresi data panel dengan menggunakan program pengolah data Eviews v.9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hipotesis ketidakpastian kebijakan ekonomi, kapasitas inovasi dan leverage berpengaruh signifikan terhadap penghindaran pajak kecuali likuiditas saham. Sedangkan untuk efek moderasi, variabel hubungan politik tidak berpengaruh signifikan dalam memoderasi hubungan literasi keuangan syariah terhadap kapasitas inovasi, namun tidak berpengaruh signifikan dalam memoderasi hubungan likuiditas saham dan leverage terhadap perilaku penghindaran pajak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhammad Ghafur Wibowo, S.E., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Penghindaran pajak, ketidakpastian kebijakan ekonomi, likuiditas saham, kapasitas inovasi, leverage dan hubungan politik
Subjects: Ekonomi Islam > Akuntansi Syari'ah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 11:42
Last Modified: 22 Sep 2022 11:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/52984

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum