K.H. ABDUL W AHAB HASBULLAH: KIPRAHNY A DALAM PERCATURAN POLITIK NASIONAL PADA MASA DEMOKRASI TERPIMPIN 1957-1965

Muhammad Thohari, NIM. 98122223 (2004) K.H. ABDUL W AHAB HASBULLAH: KIPRAHNY A DALAM PERCATURAN POLITIK NASIONAL PADA MASA DEMOKRASI TERPIMPIN 1957-1965. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (K.H. ABDUL W AHAB HASBULLAH: KIPRAHNY A DALAM PERCATURAN POLITIK NASIONAL PADA MASA DEMOKRASI TERPIMPIN 1957-1965)
98122223_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (K.H. ABDUL W AHAB HASBULLAH: KIPRAHNY A DALAM PERCATURAN POLITIK NASIONAL PADA MASA DEMOKRASI TERPIMPIN 1957-1965)
98122223_Bab II_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Dalam perjalanan hidupnya, KH Abdul Wahab Hasbullah, banyak sekali memegang peranan penting dalam berbagai segi. Karena, selain sebagai Rais 'Am di NU, ia juga merupakan seorang pedagang, pengajar, advokat, khatib syuriah NU, dan ketua Tanfidzhiyah NU. Namun begitu, di antara banyak jabatan yang ia pegang, salah satu jabatan atau status yang membuatnya di kenal dan dimiliki sepanjang perjalanan karimya, serta peranan dan kiprahnya yang begitu besar dalam memberikan pengaruhnya di NU dan politik nasional hingga masa Demokrasi Terpimpin adalah jabatllnnya sebagai salah satu pendiri dan Rais 'Am NU. Sebagai salah satu pendiri dan Rais 'Am NU pada masa Demokrasi T erpimpin, K yai Wahab begitu berperan daiam memberikan warna perilaku politik NU yang dilandaskan pada konstitusionalisasi dengan dalill-dalil fiqh dengan sikap pragmatisme dan realistisnya sebagai pembenaran terhadap kesertaan dan penyesuaian diri dalam percaturan politik nasional pada masa Demokrasi Terpimpin. Peranannya begitu dominan dalam menentukan seluruh kebijakan dan strategi politik NU menghadapi konstalasi politik nasional yang dimulai dari pemisahan NU dari Masyumi. Kyai Wahab berhasil menumbuhkan kepercayaan dalam berpolitik bagi anggota NU. Secara langsung NU dihadapkan oleh kepentingan sendiri dan solidaritas Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Badrun, M.Si
Uncontrolled Keywords: KH Abdul Wahab Hasbullah, Masa Demokrasi Terpimpin
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Sep 2022 11:02
Last Modified: 14 Sep 2022 11:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53011

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum