ANALISIS PENDAYAGUNAAN ZAKAT TERHADAP PENGURANGAN KEMISKINAN DENGAN BERDASARKAN MODEL CIBEST (STUDI KASUS BAZNAS KABUPATEN BANTUL) TESIS

Khairul Umam, NIM.: 18208011018 (2022) ANALISIS PENDAYAGUNAAN ZAKAT TERHADAP PENGURANGAN KEMISKINAN DENGAN BERDASARKAN MODEL CIBEST (STUDI KASUS BAZNAS KABUPATEN BANTUL) TESIS. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENDAYAGUNAAN ZAKAT TERHADAP PENGURANGAN KEMISKINAN DENGAN BERDASARKAN MODEL CIBEST (STUDI KASUS BAZNAS KABUPATEN BANTUL))
18208011018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENDAYAGUNAAN ZAKAT TERHADAP PENGURANGAN KEMISKINAN DENGAN BERDASARKAN MODEL CIBEST (STUDI KASUS BAZNAS KABUPATEN BANTUL))
18208011018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan di Indonesia mengalami peningkatan apalagi ditambah adanya pandemi Covid-19. Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki presentase penduduk miskin paling banyak dibanding provinsi di pulau Jawa yaitu sebesar 12,28 %. Sedangkan perolehan Zakat Infaq Shodaqoh (ZIS) peningkatannya sangat signifikan. Bantul sebagai salah satu kabupaten di Yogyakarta yang mana memiliki nilai Indeks Zakat Nasional yang baik (0,75) akan tetapi jumlah penduduk miskin kurang lebih 14,04%. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada dampak dari pendayagunaan zakat oleh BAZNAS Kabupaten Bantul menggunakan metode CIBEST. Sampel yang digunakan berjumlah 93 mustahik dengan data berupa kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis Uji-T dan metode CIBEST. Hasil dari penelitian menunjukan adanya peningkatan tingkat kesejahteraan yang signifikan. Dimana tingkat kesejahteraan naik sebesar 0,37 atau 37%, kemiskinan materi turun 0,34 atau 34%, kemiskinan spiritual mengalami penurunan dari 0,01 menjadi 0, Adapun pada indeks kemiskinan absolut ditemukan penurunan 2% dari nilai 4 menjadi 2. Sedangkan rata-rata peningkatan pendapatan yaitu sebesar Rp 275.053.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mukhamad Yazid Afandi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kemiskinan, BAZNAS Kabupaten Bantul, CIBEST
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 11:47
Last Modified: 22 Sep 2022 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53012

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum