EFISIENSI KINERJA DAN PRODUKTIVITAS PADA ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT (OPZ) TERPILIH DI INDONESIA PERIODE 2014-2018 TESIS

Multazam, S.E., NIM.: 18208011020 (2022) EFISIENSI KINERJA DAN PRODUKTIVITAS PADA ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT (OPZ) TERPILIH DI INDONESIA PERIODE 2014-2018 TESIS. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFISIENSI KINERJA DAN PRODUKTIVITAS PADA ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT (OPZ) TERPILIH DI INDONESIA PERIODE 2014-2018 TESIS)
18208011020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFISIENSI KINERJA DAN PRODUKTIVITAS PADA ORGANISASI PENGELOLA ZAKAT (OPZ) TERPILIH DI INDONESIA PERIODE 2014-2018 TESIS)
18208011020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) di Indonesia mengalami perkembangan setiap tahunnya. Adanya OPZ sebagai lembaga intermediasi yang menghimpun, pendayagunaan dan menyalurkan dana zakat kepada delapan asnaf dapat berakibat pada tingkat kesejahteraan penerima manfaat. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efisiensi dan produktivitas organisasi pengelola zakat di Indonesia. Perhitungan tingkat efisiensi dalam penelitian ini bersifat relatif, bukan absolut. Metode dalam penelitian ini menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA) dan Malmquist Productivity Index (MPI). Metode ini mengukur rasio antara output dan input yang diperbandingkan antar OPZ yang diteliti. Variabel input yang digunakan antara lain dana terhimpun, biaya total, penerimaan amil, sedangkan outputnya adalah dana tersalur dan aset total. Terdapat tujuh objek penelitian yaitu BAZNAS, Dompet Dhuafa, PKPU/IZI, Yatim Mandiri, Rumah Zakat, LAZ Dewan Dakwah, LAZ Griya Yatim Dhuafa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat LAZ yang mengalami inkonsistensi efisiensi yaitu, Rumah Zakat Pada tahun 2014, PKPU/IZI pada tahun 2016, GYD pada tahun 2014 dan 2016, BAZNAS dari tahun 2014 sampai 2017. Sementara itu, hasil pengolahan data tahun 2018 menjelaskan semua OPZ mencapai tingkat efisiensi yang ideal (100 persen). dan pada analisis MPI menjelaskan satu OPZ mempunyai nilai TFPCH 1 pada tahun pertama, yaitu Rumah Zakat. Sementara OPZ yang lainnya memiliki nilai TFP kurang dari satu, yaitu Dompet Dhuafa, Yatim Mandiri, PKPU/IZI, GYD, BAZNAS, dan Dewan Dakwah. Selanjutnya, tiga OPZ, PKPU, GYD, serta BAZNAS, menunjukkan nilai TFPCH1 di tahun ke-2. Pada tahun ke-3, tiga OPZ mempunyai nilai TFPCH 1 terutama Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, dan Dewan Dakwah. Pada tahun keempat terdapat empat OPZ mempunyai nilai TFPCH 1 adalah, Dompet Dhuafa, Yatim Mandiri, PKPU, dan Dewan Dakwah. Sementara yang lainnya memiliki nilai TFPCH sama dengan atau bahkan lebih dari satu.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Ibi Satibi, S.H.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Efisiensi, Produktivitas, Kinerja, Organisasi Pengelola Zakat, Data Envelopment Analysis (DEA), Malmquist Productivity Index (MPI)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 11:47
Last Modified: 22 Sep 2022 11:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53015

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum