STRATEGI PEMASARAN UMKM DI KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2022

Syaihul Iman Alfarizin, NIM.: 17102040014 (2022) STRATEGI PEMASARAN UMKM DI KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2022. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMASARAN UMKM DI KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2022)
17102040014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMASARAN UMKM DI KECAMATAN PRAYA KABUPATEN LOMBOK TENGAH PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 TAHUN 2022)
17102040014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan ketidakstabilan perekonomian, terutama pada pelaku UMKM yang merasakan dampak langsung berupa penurunan omset penjualan dikarenakan adanya himbauan pemerintah dalam menerapkan Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) yang menghimbau masyarakat tetap dirumah. Terbatasnya pergerakan masyarakat pada saat pandemi membuat penurunan penjualan karena menurunnya permintaan, sehingga UMKM juga mengalami penurunan omset. Beberapa Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) yang terletak di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah merupakan salah satu wilayah yang usahanya terdampak akibat adanya pandemi ini. Kondisi pandemi ini secara signifikan mempengaruhi aktifitas pelaku UMKM sehingga harus menghadapi penurunan kuantitas penjualan. Pada masa pandemi ini meningkatkan pemasaran produk lebih diutamakan bagi para pelaku UMKM untuk mengurangi dampak dari pandemi. Selain menguatkan daya saing produk, para pelaku UMKM harus memikirkan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dimasa pandemi ini. Berdasarkan Latar Belakang tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Bagaimana Strategi Pemasaran UMKM di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat Pada Masa Pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pendeskripsian tentang bagaimana strategi pemasaran UMKM di Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah Provinsi Nusa Tenggara Barat Pada Masa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian di analisis melalui reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan strategi pemasaran yang dilakukan oleh 5 UMKM yaitu Toko Alam Celluler, Toko Uwis Donat, Bos Babershop, Toko distro NAKA.LTD dan Salbila Tata Rias adalah menerapkan strategi bauran pemasaran yaitu strategi produk, strategi harga,strategi tempat dan strategi promosi dimasa pandemi covid-19. Meskipun ada beberapa UMKM yang belum bisa maksimal dalam penerapannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mokhammad Nazili, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, UMKM, Covid-19
Subjects: Dakwah > Metode Dakwah
Covid-19
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 15 Sep 2022 13:09
Last Modified: 15 Sep 2022 13:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53043

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum