SEJARAH DAN PERKEMBANGAN TRADISI SAYYANG PATTUQDUQDI KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE PROVINSI SULAWESI SELATAN

Abdul Wahid, NIM. 98122183 (2004) SEJARAH DAN PERKEMBANGAN TRADISI SAYYANG PATTUQDUQDI KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE PROVINSI SULAWESI SELATAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SEJARAH DAN PERKEMBANGAN TRADISI SAYYANG PATTUQDUQDI KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE PROVINSI SULAWESI SELATAN)
98122183_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (SEJARAH DAN PERKEMBANGAN TRADISI SAYYANG PATTUQDUQDI KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE PROVINSI SULAWESI SELATAN)
98122183_Bab II_Bab III_Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tradisi yang lahir dari rahim sejarah panjang masyarakat Kecamatan Sendana cfopat diidentifikasi melalui berbagai produk kebudayaan masa Iampau yaitu kebudayaan masa pra Islam, masa Islam dan masa pasca kemerdekaan Republik lndonesia. Salah satu dari kebudayaan masyarakat di Kecamatan Sendana yang masih dapat dilihat sampai saat sckarang ini adalah tradisi sayyang pattuqduq. Dan cara yang paling tepat untuk mcngidentifikasi suatu peradaban manusia adalah dengan cara mdihat struktur masyarakat pendukung kebudayaan tersebut. Struktur keturunan Penduduk kecamatan Sendana adalah suku Mandar asli yang herasat dari Ulu Salu(Tujuh kerajaan di hulu sungai), salah satu kecamatan di daerah Kabupaten Polmas. Masyarakat Sen<lana dalam berkomunikasi sehari-hari memakai bahasa Mandar dengan berbagai dialek dari masing-masing daerah. Mata pencaharian penduduk kebanyakan sebagai petani clan nelayan, yang bcrtempat tinggal didaerah pegunungan lcbih banyak berpropesi sebagai petani clan yang bertempat tinggal didaerah pesisir pantai kebanyakan berpropesi sebagai nelayan. Dipcrkirakan pcrayaan tradisi upacara sayyang pattuqduq telah ada scbclum ajaran Islam masuk kc dalam masyarnkat Scndana sckitar akhir abad ke-16 M atau awal abad kc-17 M. Pada masa lampau tradisi upacara sayyang pattuqduq berpernn sebagai wadah atau mediator pemujaan roh nenek moyang sehingga perayaan tradisi upacara sayyang pattuqduq berfungsi sebagai penyembahan rcligius. Pcndapat ini didasari oleh bcberapa fakta antara lain, sebelum upacara sayyang pailuqduq digelar, terlebih dahulu diadakan penyelenggaraan ritual dan pemba

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs, Musa M.Si
Uncontrolled Keywords: Tradisi Sayyang Pattuqduq, Kecamatan Sendana
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Sep 2022 13:38
Last Modified: 15 Sep 2022 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53051

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum