PENGARUH PERDAGANGAN INTERNASIONAL, POPULASI, KONSUMSI ENERGI DAN FDI TERHADAP KERUSAKAN LINGKUNGAN DI NEGARA ANGGOTA OKI

M. Reza B. Ahmad, S.E., NIM.: 20208011027 (2022) PENGARUH PERDAGANGAN INTERNASIONAL, POPULASI, KONSUMSI ENERGI DAN FDI TERHADAP KERUSAKAN LINGKUNGAN DI NEGARA ANGGOTA OKI. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERDAGANGAN INTERNASIONAL, POPULASI, KONSUMSI ENERGI DAN FDI TERHADAP KERUSAKAN LINGKUNGAN DI NEGARA ANGGOTA OKI)
20208011027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERDAGANGAN INTERNASIONAL, POPULASI, KONSUMSI ENERGI DAN FDI TERHADAP KERUSAKAN LINGKUNGAN DI NEGARA ANGGOTA OKI)
20208011027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kerusakan lingkungan merupakan masalah serius bagi semua aspek kehidupan, tidak terkecuali dalam dunia ekonomi. Mencari tahu apa yang dapat mempengaruhi kerusakan lingkungan adalah salah satu cara untuk melindungi lingkungan. Penelitian ini menggunakan analisis data panel gabungan dari cross-section 47 negara OKI dengan time series dari tahun 2002 hingga 2020. Hasil uji spesifikasi model menunjukkan bahwa pendekatan FEM (Fixed Effects Model) adalah model terbaik untuk digunakan. Ditemukan bahwa Trade, populasi, konsumsi energi, dan FDI mampu secara signifikan mempengaruhi kerusakan lingkungan yang diukur dengan CO2 di negara OKI dengan arah yang positif. Hasil ini menegaskan bahwa di negara-negara anggota OKI, Trade, populasi, konsumsi energi, dan FDI terbukti menjadi penyumbang CO2 (merusak lingkungan) sebagaimana yang dinyatakan oleh teori-teori dalam penelitian ini. Alasan populasi berpengaruh positif terhadap kerusakan lingkungan di negara anggota OKI karena negara-negara ini mempunyai tingkat populasi yang tinggi. Karena populasinya yang besar, maka konsumsi energi dan perdagangan internasional (trade) dari negara-negara ini juga besar sehingga berpengaruh positif terhadap kerusakan lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhammad Ghafur Wibowo, S.E., M.Sc.,
Uncontrolled Keywords: Kerusakan Lingkungan, Populasi, FDI, Trade
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: S.Sos Sofwan Sofwan
Date Deposited: 22 Sep 2022 11:49
Last Modified: 22 Sep 2022 11:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53058

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum