USLUB AL MUALLAFAH FI AL SHI'IR SUAL FI HUDUD AL DZAKIRAH LI AHLAM MOSTEGHANEMI (TAHLIL GENOKRITIK ELAINE SHOWALTER)

Rois Nur Bayin, NIM.: 16110036 (2022) USLUB AL MUALLAFAH FI AL SHI'IR SUAL FI HUDUD AL DZAKIRAH LI AHLAM MOSTEGHANEMI (TAHLIL GENOKRITIK ELAINE SHOWALTER). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (USLUB AL MUALLAFAH FI AL SHI'IR SUAL FI HUDUD AL DZAKIRAH LI AHLAM MOSTEGHANEMI (TAHLIL GENOKRITIK ELAINE SHOWALTER))
16110036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (USLUB AL MUALLAFAH FI AL SHI'IR SUAL FI HUDUD AL DZAKIRAH LI AHLAM MOSTEGHANEMI (TAHLIL GENOKRITIK ELAINE SHOWALTER))
16110036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini fokus pada gaya pengarang perempuan dalam Puisi Sual Fi Hududi Dhakirah karya Ahlam Mosteghanemi. Puisi ini berisi kenangan tentang citra dan pengalaman perempuan baik sebagai karakter dalam karya sastra maupun sebagai subjek sejarah. Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mendeskripsikan gaya pengarang perempuan dari segi bahasa yaitu bahasa tersurat, bahasa tersirat, ekspresi tubuh dan unsur multivokal dalam puisi tersebut, kedua untuk mendeskripsikan gaya pengarang perempuan dari segi budaya. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu dengan mendeskripsikan dan menganalisis bahasa dan budaya perempuan dalam Puisi Sual Fi Hududi Dhakirah karya Ahlam Mosteghanemi. Metode ini dimulai dari mencari data primer maupun referensi pendukung, kemudian mendeskripsikan dan menganalisisnya. Data primer yaitu puisi itu sendiri sedangkan referensi pendukung yaitu kamus, buku dan literatur lainnya yang berkaitan dengan topik penelitian. Adapun teori yang dipakai adalah Teori Ginokritik Elaine Showalter yang merupakan jenis kritik sastra feminis bagi sastra dari perempuan, oleh perempuan dan untuk perempuan. Penelitian ini mengantarkan peneliti sampai pada tiga kesimpulan yaitu, (1) Aspek bahasa tersirat lebih dominan dibanding dengan tiga aspek lainnya, (2) Citra dan pengalaman perempuan dituliskan secara apa adanya, baik penyifatan yang baik maupun yang buruk, atau juga tokoh yang memiliki watak yang bertentangan, seperti karakter biarawati dan pelacur, perempuan dari neraka dan perempuan dari salju, kehinaan dan kehormatan, ibu dan anak, mimpi indah dan mimpi buruk, (3) Atribut bahasa dan budaya yang disematkan pada perempuan cukup beragam, yaitu dengan representasi mata Elsa, kulit cokelat Angela, gaya rambut Kleopatra, keteguhan Jamila, tata rias Veleda, kesucian Rabiah, pemberontakan Elektra, kesetiaan Penelope dan misteri Mona Lisa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Aning Ayu Kusumawati, S.Ag.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Ahlam Mosteghanemi, Puisi, Teori Ginokritik.
Subjects: Kesusastraan Arab > Frase - Analisis
Kesusastraan Arab > Puisi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Sep 2022 14:57
Last Modified: 15 Sep 2022 14:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53061

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum