TAFA'UL AL RA'IYAH AL SURIYYIN FI KALIMAH AL AGHNIYAH AL HUBB YASAD LI SAIF FADHEL (DIRASAH TAHLILIYYAH SIMIYA'IYYAH LI CHARLES SANDERS PIERCE)

Muhamad Alif Hidayat, NIM,: 16110086 (2022) TAFA'UL AL RA'IYAH AL SURIYYIN FI KALIMAH AL AGHNIYAH AL HUBB YASAD LI SAIF FADHEL (DIRASAH TAHLILIYYAH SIMIYA'IYYAH LI CHARLES SANDERS PIERCE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TAFA'UL AL RA'IYAH AL SURIYYIN FI KALIMAH AL AGHNIYAH AL HUBB YASAD LI SAIF FADHEL (DIRASAH TAHLILIYYAH SIMIYA'IYYAH LI CHARLES SANDERS PIERCE))
16110086_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TAFA'UL AL RA'IYAH AL SURIYYIN FI KALIMAH AL AGHNIYAH AL HUBB YASAD LI SAIF FADHEL (DIRASAH TAHLILIYYAH SIMIYA'IYYAH LI CHARLES SANDERS PIERCE))
16110086_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Lirik lagu Alhubbu Yasood merupakan salah satu karya dari Saif Fadhel. Lagu ini menggambarkan bagaimana kondisi di negara Suriah yang sedang mengalami konflik. Hal ini menjadikan lagu ini menarik untuk diteliti dikarenakan banyak mengandung tanda-tanda yang dapat di interpretasikan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti akan menggunakan teori semiotik untuk membedah makna yang terkandung didalam lirik lagu Alhubbu Yasood karya Saif Fadhel untuk mengetahui dengan pasti kata atau kalimat apa saja yang meemiliki tanda-tanda semiotic didalamnya. Penelitian ini mencoba mengungkap kata atau kalimat yang mengandung optimisme dalam lirik lagu Alhubbu Yasood karya Saif bin Fadhel. Penelitian ini menggunakan pendekatan semiotik Charles Sanders Pierce untuk membedah makna yang terkandung di dalam lirik lagu Alhubbu Yasood karya Maher Zain. Pierce membangun segitiga makna yaitu tanda (representament), pengguna tanda (interpretan), dan acuan tanda (object). dengan teori ini peneliti dapat menemukan kata ataupun kalimat didalam lirik lagu Alhubbu Yasood yang memiliki makna semiotik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library Research, yaitu penelitian kepustakaan yang diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Maka penelitian ini akan didasarkan pada data tertulis, baik berbentuk buku, ensiklopedia, jurnal, maupun artikel yang berkaitan dengan tema penelitian. Adapun metode yang digunakan peneliti adalah metode deskriptif analitis, yaitu dengan memaparkan lirik lagu Alhubbu Yasood kemudian menganalisi kata atau kalimat yang mengandung unsur semiotik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat 10 kata atau kalimat yang mengandung tanda-tanda semiotik dalam lirik lagu Alhubbu Yasood yang menggambarkan optimisme yang dimiliki rakyat suriah dalam menghadapi konflik yang sedang berkecamuk di negaranya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Moh. Kanif Anwari, S.Ag. M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Semiotik, Lirik Lagu, Maher Zain, Alhubbu Yasood
Subjects: Kesusastraan Arab > Musik
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Sep 2022 15:03
Last Modified: 15 Sep 2022 15:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53066

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum