AL AF'AL AL TSULASIYAH AL MAZIDAH WA FAWAIDUHA FI MATAN AL GHAYAH WA AL TAQRIB (DIRASAH TAHLILIYYAH SORFIYYAH

Manaya Qurrota A’yun, NIM.: 17101010009 (2022) AL AF'AL AL TSULASIYAH AL MAZIDAH WA FAWAIDUHA FI MATAN AL GHAYAH WA AL TAQRIB (DIRASAH TAHLILIYYAH SORFIYYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL AF'AL AL TSULASIYAH AL MAZIDAH WA FAWAIDUHA FI MATAN AL GHAYAH WA AL TAQRIB (DIRASAH TAHLILIYYAH SORFIYYAH)
17101010009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AL AF'AL AL TSULASIYAH AL MAZIDAH WA FAWAIDUHA FI MATAN AL GHAYAH WA AL TAQRIB (DIRASAH TAHLILIYYAH SORFIYYAH)
17101010009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Matn al-Ghaya wa at-Taqrib merupakan kitab fikih yang sangat terkenal di kalangan para santri karena menjadi rujukan dasar hukum fikih di sebagian besar pondok pesantren di Indonesia. Dalam upaya memahami maksud yang terkandung di dalamnya, tentu saja dibutuhkan berbagai macam ilmu alat, salah satunya yakni ilmu sharf. Ilmu sharf atau morfologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bentuk kata sebelum memasuki sebuah kalimat. Ilmu sharf termasuk ke dalam ilmu tata bahasa Arab yang paling penting karena menjadi pedoman untuk mengetahui sighat, tasghir, nisbat, jama’, i’lal, idgham, dan ibdal suatu kata. Penelitian ini berfokus pada fi’il yang merupakan salah satu pembahasan ilmu sharf, khususnya fi’il tsulatsi mazid, yaitu fi’il tsulatsi yang mendapat tambahan, baik satu, dua, maupun tiga huruf. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kepustakaan (library research) yang dilakukan dengan menggunakan literatur dari bukubuku atau penelitian-penelitian sebelumnya. Adapun objek penelitian ini ialah Matn al- Ghaya wa at-Taqrib bab Jual Beli dan bab Pernikahan. Hasil dari penelitian ini adalah pada dua bab ini terdapat 102 fi’il-fi’il tsulatsi mazid dengan berbagai macam wazan dan faidah. Wazan-wazan tersebut terbagi menjadi wazan af’ala sebanyak 20 fi’il, wazan fa’ala sebanyak 17 fi’il, wazan faa’ala sebanyak 4 fi’il, wazan infa’ala sebanyak 7 fi’il, wazan ifta’ala sebanyak 35 fi’il, wazan tafa’ala sebanyak 8 fi’il, wazan tafaa’ala sebanyak 2 fi’il, dan wazan istaf’ala sebanyak 10 fi’il. Adapun faidahfaidah- nya terbagi menjadi; faidah fi’il tsulatsi mazid dengan satu huruf tambahan yaitu li atta’diyyah sebanyak 35 fi’il dan faidah menunjukkan makna mujarrod sebanyak 5 fi’il. Faidah fi’il tsulatsi mazid dengan dua huruf tambahan yaitu faidah li muthawa’at wazn faala sebanyak 17 fi’il, faidah li al-mubalaghat sebanyak 2 fi’il, faidah menunjukkan makna mujarrod sebanyak 20 fi’il, faidah li at-tikhadz sebanyak 1 fi’il, li as-shairurat sebanyak 1 fi’il , faidah li al-musyarokat sebanyak 1 fi’il, faidah li muthawa’at wazn fa’ala sebanyak 6 fi’il, faidah li muthawa’at wazn faa’ala sebanyak 1 fi’il, dan faidah menunjukkan makna tafaa’ala sebanyak 1 fi’il. Faidah fi’il tsulatsi mazid dengan tiga huruf tambahan yaitu faidah li al-muthawa’at sebanyak 2 fi’il dan faidah menunjukkan makna mujarrod sebanyak 8 fi’il

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Sugeng Sugiyono, M.A.
Uncontrolled Keywords: Ilmu Sharf,Fi ’il Tsulatsi Mazid, Wazan
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Sep 2022 15:08
Last Modified: 15 Sep 2022 15:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53067

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum