STRATEGI REKRUTMEN CALON BIMBINGAN JEMA’AH HAJI DI KBIHU HAJAR ASWAD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019

Gaist Albaits, NIM.: 17102040125 (2022) STRATEGI REKRUTMEN CALON BIMBINGAN JEMA’AH HAJI DI KBIHU HAJAR ASWAD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI REKRUTMEN CALON BIMBINGAN JEMA’AH HAJI DI KBIHU HAJAR ASWAD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019)
17102040125_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI REKRUTMEN CALON BIMBINGAN JEMA’AH HAJI DI KBIHU HAJAR ASWAD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2019)
17102040125_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh salah satu faktor penting yang menentukan para kelompok bimbingan ibadah haji mampu bertahan di era gempuran persaingan yang ketat yakni kiat-kiat KBIHU dalam merekrut calon jema’ah haji untuk melakukan pelatihan manasik haji. Pada tahun 2019 jumlah jema’ah haji DIY yang mengikuti pelatihan manasik haji didominasi oleh KBIHU Hajar Aswad. Terdapat 25% jema’ah merupakan bimbingan dari KBIHU Hajar Aswad khususnya di kecamatan Gondokusuman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi rekrutmen calon bimbingan jema’ah haji yang diterapkan oleh KBIHU Hajar Aswad DIY serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses rekrutmen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi rekrutmen calon bimbingan jema’ah haji di KBIHU Hajar Aswad DIY. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui kegiatan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. serta sekunder yang diperoleh dari beberapa sumber yang tertulis dan terdapat dalam buku atau literatur terkait dengan penelitian. Data akan dianalisis dengan menggunakan metode analisis SWOT. Dapat disimpulkan bahwa strategi rekrutmen yang dilakukan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah Hajar Aswad DIY berjalan efektif dan efisien. karena memuat metode perekrutan sederhana namun berdampak besar dalam rekrutmen jema’ah haji yakni menggunakan metode mouth to mouth dan door to door. Selain itu terdapat kegiatan periklanan seperti website, siaran radio dan koran. Penyebaran testimoni alumni juga berdampak dalam perekrutan jema’ah khususnya tetangga, kerabat, dan sanak keluarga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Irfai Muslim, S. Pd., M. Si
Uncontrolled Keywords: KBIHU, Strategi, Haji, Rekrutmen, Bimbingan
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Sep 2022 09:33
Last Modified: 16 Sep 2022 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53088

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum