STRATEGI PEMBERDAYAAN ANAK- ANAK JALANAN BINAAN DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS RUMAH SINGGAH AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA)

Hutama Nanda Perkasa, NIM.: 17102050046 (2022) STRATEGI PEMBERDAYAAN ANAK- ANAK JALANAN BINAAN DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS RUMAH SINGGAH AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBERDAYAAN ANAK- ANAK JALANAN BINAAN DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS RUMAH SINGGAH AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA))
17102050046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA 3.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBERDAYAAN ANAK- ANAK JALANAN BINAAN DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS RUMAH SINGGAH AHMAD DAHLAN YOGYAKARTA))
17102050046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini peneliti mengkaji tentang intervensi pekerja sosial Rumah Singgah Ahmad Dahlan Yogyakarta dalam melakukan progam pemberdayaan kepada anak jalanan binaan. Rumah Singgah yang dimaksud dalam penelitian ini merupakan tempat alternatif asuh sementara untuk anak jalanan baik yang sudah menjadi warga binaan maupun yang belum sebagai wadah memberikan suasana bersosialisasi anak jalanan terhadap sistem nilai dan norma yang ada di masyarakat. Intervensi yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu pada proses pemberdayaan yang dilakukan oleh pekerja sosial dengan menggunakan tahapan pemberdayaan yang sesuai dengan pedoman pekerja sosial. Adapun dengan pemberdayaan itu sendiri merupakan menunjuk pada sekelompok orang dan kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan dasarnya yang masih dikatakan rentan dan lemah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif, dimana peneltian ini menghasilkan data berupa kata – kata tertulis dari keadaan yang ditinjau dan diamati untuk tujuan menghasilkan data yang deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah pengurus, relawan, anak jalanan binaan, dan orang tua dari anak jalanan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data penelitian ini adalah reduksi data, dan penyajian data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam dan jauh tentang proses pemberdayaan dan peraanan Rumah Singgah Ahmad Dahlan itu sendiri yang menggunakan strategi dan proses yang sedikit lebih berbeda dengan sebelum adanya peraturan bahwa anak jalanan tidak diperkenankan tinggal lebih lama di Rumah Singgah dan anak jalanan dikembalikan ke orang tua maupun keluarganya untuk pengasuhan utama. Keberadaan Rumah Singgah Ahmad Dahlan telah memberikan pengaruh yang cukup besar bagi anak jalanan di kota Yogyakarta dan sekitarnya. Hal ini didukung dan terlihat dari adanya progam – progam yang ada dan anak jalanan dapat dilakukan pembinaan dan diberdayakan sehingga tujuan dari didirikannya Rumah Singgah bagi anak – anak jalanan yaitu dapat membentuk sikap, karakter , perilaku, dan tentunya yang sesuai dengan norma yang ada dimasyarakat dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Idan Ramdani, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan, Anak Binaan, Rumah Singgah
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Sep 2022 09:45
Last Modified: 16 Sep 2022 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/53092

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum